Khidmatnya Suasana Idul Fitri di Jalur Gaza

Puluhan warga Gaza menghadiri salat Idul Fitri di masjid al-Hasaineh di sebelah barat kota Gaza.
Sumber :
  • Aljazeera

VIVA – Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Fitri dengan melaksanakan salat Idul Fitri di tempat terbuka, berkumpul bersama keluarga di sekitar jamuan makan tradisional, dan mengenakan pakaian baru yang cerah.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Tahun ini, di Jalur Gaza yang terkepung, orang-orang merayakan Idul Fitri dalam suasana tenang dan nyaman setelah menghela napas lega, bahwa serangan baru Israel tidak pecah setelah serangan berulang kali oleh pasukan Israel ke Masjid Al-Aqsha selama serangan bulan suci Ramadhan.

Al-Khalout dan suaminya berfoto setelah melaksanakan salat Idul Fitri di sebuah masjid dekat pelabuhan Gaza.

Photo :
  • Aljazeera
Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Ketegangan yang meningkat selama berminggu-minggu dan baku tembak sporadis antara Gaza dan Israel telah menimbulkan kekhawatiran atas serangan baru Israel yang serupa dengan yang terjadi pada Mei tahun lalu, ketika setelah berminggu-minggu protes dan penggerebekan di Al-Aqsa selama Ramadhan.

Perang selama liburan Idul Fitri menyebabkan kematian setidaknya 260 orang Palestina, serta 13 orang Israel, dan menyebabkan kehancuran yang signifikan di wilayah yang sudah miskin.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Mengutip Aljazeera, Selasa 3 Mei 2022, Amani al-Kahlout, 29, seorang wanita muda mengatakan kepada Al Jazeera bagaimana dia dengan hati-hati mempersiapkan semua rincian Idul Fitri di rumah setiap tahunnya.

“Saya sangat menyukai suasana Idul Fitri di Gaza. Saya suka menyiapkan makanan dan keramahtamahan khusus untuk pengunjung Idul Fitri,” kata al-Kahlout.

“Idul Fitri adalah kesempatan untuk menghibur dan menciptakan kegembiraan dan kebahagiaan jauh dari tekanan di sekitar kita di Gaza,” katanya.

Al-Kahlout, yang juga selebriti Instagram dengan lebih dari 200.000 pengikut ini, mengatakan bagaimana dia suka menunjukkan bahwa Jalur Gaza tidak semua tentang bom, kehancuran dan darah.

Amani al-Kahlout menyiapkan makanan tradisional Idul Fitri.

Photo :
  • Aljazeera

“Di Gaza, ada orang-orang yang memiliki ambisi, impian dan cinta untuk menikmati hidup mereka sepenuhnya, sama seperti orang lain di negara tetangga,” katanya.

“Saya sering menerima pesan di akun saya dari pengikut di luar Gaza yang bertanya kepada saya: Apakah ini benar-benar [apa yang saya publikasikan] di Jalur Gaza? Seolah-olah satu-satunya citra Gaza adalah citra kehancuran dan pengeboman.”

Al-Kahlout mengakui bahwa kondisi ekonomi dan politik di Gaza memiliki efek mencekik pada semua aspek kehidupan; Orang-orang kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah, dan tekanan psikologis hidup dalam situasi yang dapat meningkat setiap saat.

“Meskipun pengepungan berkelanjutan yang dikenakan pada kami dan krisis tak berujung yang kami derita, orang-orang masih menciptakan kebahagiaan untuk diri mereka sendiri,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya