Rusia Klaim Hancurkan 2.979 Tank dan 163 Jet Tempur Ukraina

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov
Sumber :
  • Tass

VIVA – Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukan Rusia telah menembak jatuh dan menghancurkan 163 pesawat tempur Ukraina, 124 helikopter, 793 pesawat tak berawak (drone) dan 2.979 tank dan kendaraan lapis baja lainnya sejak dimulainya operasi militer khusus mereka di Ukraina atau memasuki hari ke-77 invasi Rusia ke Ukraina.

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

"Secara keseluruhan, target berikut telah dihancurkan sejak awal operasi militer khusus: 163 pesawat, 124 helikopter, 793 kendaraan udara tak berawak, 300 sistem rudal permukaan-ke-udara, 2.979 tank dan kendaraan lapis baja tempur lainnya, 351 roket peluncuran ganda. sistem, 1.440 senjata artileri lapangan dan mortir dan 2.789 kendaraan bermotor militer khusus," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov pada Selasa dilansir Tass, Rabu, 11 Mei 2022.

Sebelumnya, sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh tiga pesawat tak berawak Ukraina dan mencegat rudal Tochka-U di atas kota Khartsyzsk di Donbass semalam, kata Konashenkov.

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh

"Sepanjang malam, kemampuan pertahanan udara Rusia melenyapkan tiga kendaraan udara tak berawak Ukraina di daerah pemukiman Mospino dan Yunokommunarovsk di Republik Rakyat Donetsk dan kota Odessa. Sebuah rudal Tochka-U Ukraina dan selongsong peluncuran ganda Smerch sistem roket dicegat di atas komunitas Khartsyzsk di Republik Rakyat Donetsk," kata juru bicara itu.

Dua roket Smerch lainnya ditembak jatuh di dekat Malaya Kamyshevakha dan Izyum. 

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

VIVA Militer: Rudal balistik OTR-21 Tochka

Photo :
  • missilethreat.csis.org

Sebuah pesawat serang darat Su-25 milik Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh dalam pertempuran udara di Wilayah Kharkov dan pesawat tempur Rusia juga menyerang 16 area yang ditempati pasukan musuh dan peralatan militer semalam, kata Konashenkov.

"Pada malam 9 Mei, sebuah pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina ditembak jatuh dalam pertempuran udara di dekat pemukiman Novaya Dmitrovka di Wilayah Kharkov," kata juru bicara itu.

Menurut Konashenkov, sepanjang malam, pesawat operasional-taktis dan penerbangan militer Rusia menyerang 16 area yang memiliki peralatan militer dan tenaga kerja Ukraina.

"Pasukan rudal dan artileri menghantam 33 pos komando, 407 area pengumpulan tenaga dan peralatan militer, dan juga lima depot amunisi dan bahan bakar di area Nikolayev dan Mirnoye di Wilayah Nikolayev," kata Konashenkov.

Serangan itu menewaskan hingga 380 nasionalis Ukraina dan melumpuhkan 53 item perangkat keras militer Ukraina.

Sebelumnya, sistem pertahanan udara mereka berhasil menembak jatuh pesawat MiG-29 Ukraina, dan juga mencegat rudal Tochka-U dan dua proyektil Smerch pada Senin, 9 Mei 2022. MiG-29 Ukraina ditembak jatuh Rusia di Severodonetsk, sebuah kota di wilayah Luhansk, Ukraina.

"Pada siang hari, sistem pertahanan udara Rusia menembak jatuh pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di atas kota Severodonetsk," kata Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov dalam keterangan resminya dikutip Tass.

"Rudal Tochka-U Ukraina dicegat di dekat desa Ivanovka di wilayah Kharkov, dan dua roket dari sistem peluncur roket ganda Smerch dicegat di daerah Bolshaya Kamyshevakha dan Izyum," tambahnya.

Pada saat yang sama, kata Konashenkov, enam helikopter Mi-8 dan Mi-24 dihancurkan oleh rudal Onyx yang berbasis laut di wilayah Odessa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya