Tutupi Pelanggaran HAM di Xinjiang, China Disebut Sewa Vlogger Asing

Umat Muslim Uighur di China.
Sumber :
  • U-Report

VIVA - Dua pengamat sosial Xinjiang, Bahram Sintash, dan Nuriman Abdureshid, mengungkapkan bahwa pihak berwenang China telah menghabiskan uang yang sangat besar untuk membayar vlogger asing sebagai alat kampanye untuk menghapus stigma buruk terhadap China. Hal itu dikutip dari tulisan mereka di Radio Free Asia (RFA), pada Rabu, 11 Mei 2022.

Ritel Fashion China Hadapi Ancaman Boikot di Tengah Tuduhan Eksploitasi Warga Uighur

Suku Uighur di Xinjiang, Tiongkok. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • U-Report

Rekrit Influencer

Dukung TNI Pakai Istilah OPM, Bamsoet: Urusan HAM Bicarakan Kemudian, Saya Siap Pasang Badan

Keduanya mengungkapkan fakta bahwa China telah merekrut influencer media sosial asing untuk memproduksi video pendek yang menunjukkan etnis Uighur yang bahagia di Xinjiang, yang mereka sebut sebagai upaya propaganda besar-besaran Beijing.

Mereka mengatakan cara ini digunakan untuk menangkal tuduhan genosida terhadap muslim Uighur. China meminta para vlogger yang mereka sewa untuk menutupi situasi penindasan minoritas Uighur di Xinjiang.

China Cegah Pengungkapan Pelanggaran HAM di Tibet dan Xinjiang oleh Media Asing?

Disebutkan, para influencer ditugaskan oleh China untuk menggambarkan kenyamanan hidup bagi Muslim Uighur melalui konten video yang mereka buat.

Video-video itu menunjukkan "pelancong asing" mewawancarai orang-orang di pabrik-pabrik di Xinjiang, dengan keterangan seperti "Teman-teman, itu bohong bahwa ada genosida terhadap Uighur." "Semuanya normal di sini," dan "Apakah ada bukti bahwa ada lebih dari 1 juta orang di kamp konsentrasi?"

Para peserta didik kamp pendidikan vokasi etnis Uighur di Kota Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang, Cina, makan siang bersama dengan menu halal, di kantin, saat jam istirahat, Jumat, 3 Januari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Irfan Ilmie

Promosikan Pesan Positif

Dalam laporan mereka, Bahram Sintash dan Nuriman Abdureshid mengutip bukti dari Business Insider pada Januari bahwa konsulat jenderal China di New York menandatangani kontrak $300 juta dengan Vippi Media yang berbasis di AS di New Jersey untuk membuat kampanye media sosial yang mempromosikan pesan positif tentang TikTok China, Instagram dan Twitch sebagai awal dari Olimpiade 2022 di Beijing.

Para vlogger diminta untuk memproduksi konten untuk audiens yang menargetkan berita positif terkait budaya Tiongkok, hubungan diplomatik positif antara Tiongkok dan AS, dan berita terkait konsulat jenderal.

Kampanye Pro China

Sementara itu, seorang YouTuber yang sebelumnya tinggal di Xinjiang dan kemudian menetap di Afrika, Winaton Sterzel, mengungkap fakta bahwa media milik negara dan pemerintah daerah, telah mengatur kampanye pro-China dengan membayar vlogger untuk bepergian, menurut dokumen yang diposting online dan produser video diterbitkan pada hari Senin akrab dengan sistem.

"Apa yang terjadi adalah Anda akan memiliki media pemerintah seperti CGTN atau CRI atau iChongqing atau beberapa organisasi yang dijalankan oleh pemerintah China, yaitu pemerintah China," kata YouTuber Winston Sterzel, yang tinggal di Xinjiang, seperti dikutip oleh dua kolumnis di RFA.

“Yang mereka lakukan hanyalah membayar penerbangan, membayar akomodasi, mengatur perjalanan, dan menghubungi pembuat konten dan mengundang mereka untuk melakukan perjalanan ini,” lanjutnya.

Para peserta didik kamp pendidikan vokasi etnis Uighur di Kota Kashgar, Daerah Otonomi Xinjiang, Cina, berolahraga di lapangan voli pelataran asrama, Jumat, 3 Januari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Irfan Ilmie

Sterzel mengatakan pengawal China bekerja sebagai penerjemah atau arbiter yang selalu siap untuk memastikan pencipta mengikuti naskah.

Vloggers yang memposting video pendek di situs web pribadi atau akun media sosial mereka di platform seperti YouTube, mengatakan pejabat pemerintah daerah mengatur perjalanan mereka dan mencatatnya selama perjalanan yang mereka sewa untuk membuat video yang menempatkan China dalam sorotan yang baik, kata Bahram dan Nuriman.

"Mereka mengatur perjalanan kami, dan mereka membayar penginapan dan makanan kami," kata Lee Barrett, YouTuber lain dalam video yang direkamnya.

Mobilisasi Mahasiswa Asing

Pada musim gugur 2021, pemerintah Daerah Otonomi Uighur Xinjiang (XUAR) memprakarsai inisiatif untuk memobilisasi mahasiswa asing di China untuk memuji "kebijakan Xinjiang."

Menurut dua penulis di RFA yang mengutip sebuah artikel di Harian Xinjiang, upaya tersebut merupakan bagian dari rencana pemerintah pusat yang lebih besar untuk menggambarkan etnis minoritas di Xinjiang sebagai orang yang bahagia dan puas.

Aksi Kemanusian untuk Muslim Uighur, Uyghur (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Berjudul "Orang-orang dari semua kelompok etnis di Xinjiang hidup bahagia dan gembira," laporan itu mengutip serangkaian surat yang ditulis oleh Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping, di mana ia meminta mahasiswa asing pada Juli 2021 untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang 'China yang sebenarnya', sehingga pengetahuan mereka akan menginspirasi orang lain untuk 'memahami negara'.

Kemudian Bahram dan Nuriman menjelaskan bahwa pemerintah XUAR pada Oktober 2021 mensponsori perjalanan ke Xinjiang untuk pelajar dari 16 negara, antara lain Bangladesh, Afghanistan, Burundi, Uganda, Rusia, Pakistan, Korea, Mongolia, Sri Lanka, AS, dan Inggris.

Cegah Jurnalis Internasional Masuki Xinjiang

Sementara itu, sejak awal 2018, pihak berwenang telah mencegah sebagian besar jurnalis internasional memasuki Xinjiang dan memaksa orang asing yang tinggal di wilayah tersebut untuk pergi.

YouTuber dari Amerika Serikat dan Afrika Selatan yang telah tinggal di Xinjiang atau di daratan Cina selama satu dekade atau lebih mengatakan bahwa sementara vlog baru-baru ini oleh orang asing "bepergian" ke Xinjiang tampak sederhana dan normal, penjaga pemerintah selalu berada di sisi lain. Dari kamera, mengendalikan apa yang dikatakan dan direkam.

Aksi Kemanusian untuk Muslim Uighur, Uyghur

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sebagai contoh, kedua penulis mengutip kasus Josh Summers, seorang YouTuber AS yang menjalankan blog populer yang dikenal sebagai "China Far West" serta saluran YouTube dengan nama yang sama.

Dia pindah ke ibukota Xinjiang, Urumqi, pada tahun 2006 dan tinggal di sana. Dia kemudian pindah ke Karamay hingga 2018.

Selama di Urumqi, ia menulis dan memproduksi video tentang pernikahan Uighur, memasak dan shalat Idul Fitri di Masjid Id Kah, Kashgar.

Para Pelancong Bikin Video

“Banyak pelancong yang Anda bicarakan ini, orang-orang yang membuat video, kenyataannya mereka tidak tahu apa-apa tentang Xinjiang," katanya.

"Mereka berpura-pura tahu segalanya, tetapi mereka tidak tahu apa-apa, dan saya tinggal di sana," tambah Summers.

Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi bela Uighur di depan Kedubes China.

Photo :
  • VIVAnews/ Bayu Januar.

Summers mengatakan dia ditahan dan diinterogasi oleh pihak berwenang. Mereka akhirnya melepaskannya. Mereka juga memberi tahu dia dan keluarganya bahwa mereka tidak bisa lagi tinggal di Tiongkok.

Winston Sterzel dari Afrika Selatan juga terpaksa meninggalkan China karena video yang mereka terbitkan setelah tinggal di negara itu selama lebih dari 10 tahun.

Dia mengatakan kepada RFA bahwa vlogger video, mungkin tampak diproduksi secara bebas, tetapi palsu dan memiliki tujuan implisit untuk menutupi masalah hak asasi manusia di sana.

Kepala HAM PBB Akan Kunjungi Xinjiang

RFA kemudian mengatakan perjuangan China untuk membentuk opini dunia tentang Xinjiang akan menjadi fokus yang tajam bulan ini, ketika kepala hak asasi manusia PBB Michelle Bachelet melakukan kunjungan yang telah lama ditunggu-tunggu ke China, termasuk Xinjiang.

Sejak 2017, sekitar 1,8 juta orang Uighur dan orang Turki lainnya diyakini telah dipenjara di jaringan kamp interniran yang luas di Xinjiang.

AS dan beberapa negara Eropa telah melabeli praktik-praktik ini sebagai genosida, sementara China dengan marah menolak kritik tersebut dan mempertahankan kamp-kamp tersebut sebagai pusat pelatihan kejuruan yang dirancang untuk memerangi ekstremisme agama dan terorisme.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya