Ghafur Akbar Meninggal, Jasanya Evakuasi WNI dari Ukraina Dikenang

Ghafur Akbar Dharmaputra
Sumber :
  • Twitter @ghafurakbardarmaputra

VIVA – Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra meninggal dunia pada Kamis malam 12 Mei 2022. Disebutkan bahwa Dubes Ghafur meninggal pada pukul 21.50 WIB di RS Medistra Jakarta.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Meninggalnya Dubes Ghafur menuai belasungkawa. Kabar duka ini juga dibenarkan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah.

Kementerian Luar Negeri beserta seluruh jajarannya menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Dubes RI untuk Ukraina itu.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Menteri luar negeri, wakil menteri luar negeri beserta seluruh jajaran di Kementerian Luar Negeri RI berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Duta Besar Gafhur Akbar Dharmaputra,” kata Faizasyah dalam pernyataan pers pada Jumat 13 Mei 2022.

Dia juga menyampaikan jasa yang telah dilakukan almarhum terutama dalam membantu evakuasi WNI di Ukraina selama perang berlangsung di sana.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

“Almarhum adalah diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa. Sewaktu menjabat sebagai Duta Besar RI di Ukraina, almarhum telah berjasa dalam membantu evakuasi WNI dan menjaga kepentingan RI selama masa yang sangat sulit di Ukraina,” tambahnya.

Faizasyah menjelaskan bahwa sosok Gafur Akbar dinilai sebagai sosok yang bertanggung jawab hingga dia tutup usia.

“Almarhum terus menjalankan tugas-tugasnya sebagai duta besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini.”

Dubes Ghafur sebelumnya dilantik oleh Presiden Indonesia Joko Widodo  pada 17 November 2021 bersama 11 duta besar luar biasa berkuasa penuh (LBPP) RI lainnya untuk ditempatkan di berbagai negara.

Ghafur juga sempat menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya