Inilah 6 Diktator Paling Parah Sedunia

Joseph Stalin
Joseph Stalin
Sumber :
  • flickr

VIVA – Diktator paling parah sedunia memiliki jenis ketenaran yang aneh. Berbagai perlakuan yang telah mereka perbuat hingga pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan di bawah kekuasaan mereka. Saat menjabat, mereka mendapat pemberontakan dari masyarakat sendiri mendekati hari-hari terakhirnya. Berharap sejarah buruk tidak pernah terulang, tapi tidak kalah penting untuk tidak melupakan masa lalu, bahkan bagian yang paling jelek sekalipun. Para diktator ini termasuk di antara para lalim paling jahat dalam sejarah dunia. Berikut ini enam diktator paling parah sedunia yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Joseph Stalin, Uni Soviet (Rusia)

Joseph Stalin

Joseph Stalin

Photo :
  • flickr

Diktator paling parah sedunia yang pertama adalah Joseph Stalin. Penerus Lenin, Joseph Stalin, tidak kalah agresifnya. Dilansir oleh wearethemighty.com, Stalin adalah tokoh yang sangat penting selama awal-pertengahan abad ke-20, tetapi metodenya telah dikutuk karena alasan yang jelas. Pertama, rencana Lima Tahunnya berkontribusi pada kelaparan yang meluas. Kemudian, dia memulai “The Great Purge”, untuk membersihkan Rusia dari apa yang disebut musuh kelas pekerja. Lebih dari satu juta orang dipenjara, dengan lebih dari 700.000 dieksekusi. Dia juga bertanggung jawab atas penindasan massal, deportasi, dan pembersihan etnis. Beberapa orang saat ini, terutama di Rusia, masih percaya bahwa beberapa pandangan politiknya memiliki manfaat.

2. Saddam Husein, Iraq

Saddam Husein

Saddam Husein

Photo :
  • mensxp.com

Selanjutnya, diktator paling parah sedunia adalah Saddam Hussein, diktator Irak dari 1979 hingga 2003. Dilansir oleh mensxp.com, selama masa pemerintahannya, ia mengizinkan serangan yang tak terhitung jumlahnya terhadap orang-orang. Kebijakannya menyebabkan kematian tidak kurang dari 2 juta orang. Dia memerintahkan serangan kimia, mencongkel mata, pemukulan, dan serangan brutal yang parah terhadap orang-orang. Dia juga merekam beberapa siksaan dan kematian untuk dipertontonkan nanti untuk kepuasan yang sadis. Saddam dinyatakan bersalah atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan digantung pada tahun 2006. Penggantungannya juga disiarkan secara luas di televisi.