6 Fakta Unik Negara Iran, Sebagai Peradaban Tertua di Dunia

Negara Iran/Islamic Republic of Iran
Sumber :
  • akurat.co

VIVA – Apa yang kamu ketahui tentang Iran? nama resminya dalam istilah internasional adalah Islamic Republic of Iran dengan Teheran sebagai pusat kotanya. Negara ini diketahui memiliki sejarah tertua di dunia, Iran juga dikenal dunia sebagai negara sekuler yang sulit kompromi dan tak menghargai kebebasan individu.

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Iran merupakan sebuah Negara Islam yang terletak di Kawasan Timur Tengah benua Asia. Iran berbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia di barat laut, di sebelah Timur Iran berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan. Iran juga berbatasan dengan Turkmenistan di Timur Laut sedangkan Turki dan Irak di sebelah baratnya. Di sebelah utara Iran adalah laut Kaspia, di sebelah selatannya adalah Teluk Persia dan Teluk Oman.

Dilansir VIVA dari video unggahan akun YouTube Data Fakta, berikut adalah 7 Fakta tentang Negara Iran yang layak untuk kamu ketahui:

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

1. Peradaban tertua di dunia

Peradaban Mesopotamia sudah ada sejak tahun 3300 SM.

Photo :
  • U-Report
Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Peradaban Negara Iran dimulai sejak tahun 4000–1935 Sebelum Masehi, penduduk lokal mengenalnya dengan sebutan Iran.

Berbeda dengan Negara Barat yang lebih mengenal Iran dengan sebutan Persia. Nama Iran sendiri diambil dari Bahasa Persia, Iran, yang berarti tanah Bangsa Arya.

Bangsa Arya sendiri adalah bangsa pengembara dari peradaban kuno yang dikenal sebagai ras unggul dan sangat diagung-agungkan oleh Adolf Hitler.

Konon kabarnya bangsa Arya terpecah menjadi 2, yakni: Persia dan Media, yang keturunannya diyakini menyebar hampir ke seluruh dunia salah satunya di iran. maka tidak heran bangsa Iran atau Persia dikenal sebagai bangsa dengan peradaban tertua, hal ini karena mereka adalah keturunan dari bangsa Arya yang telah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi.

2. Agama di Iran

Negara ini hanya mengakui 4 agama, yakni Islam, Kristen, Yahudi dan Majusi. Dari 4 agama tersebut diketahui mayoritas penduduk Iran menganut agama Islam dengan mazhab Syiah yang merupakan ajaran resmi yang selebihnya memegang sunnah wal jamaah.

Secara umum masyarakat Iran merupakan penganut syiah yang terdiri dari bangsa Turki, suku Kurdi dan suku Arab.

3. Revolusi Iran 1978-1979

Revolusi iran diakui sebagai revolusi paling berpengaruh di dunia, selain revolusi Perancis dan revolusi Uni Soviet. Revolusi yang dikenal dengan revolusi Islam ini terjadi dalam kurun waktu 1 tahun, ini merupakan gerakan yang dilakukan masyarakat iran guna melawan pemimpin monarki Shah Mohammad Reza Pahlavi menjadi republik Islam yang dipimpin Ayatullah Agung Ruhollah Khomeini.

4. Perempuan dilarang ke stadion

Timnas Wanita Iran

Photo :
  • Iran Football

Setelah revolusi 1978-1979, keturunan bangsa Persia tersebut melakukan aturan yang ketat terhadap perempuan, imbasnya banyak perempuan Iran yang merasa tertekan dengan peraturan-peraturan tersebut.

3 aturan tersebut yakni:

  • Cara berpakaian yang diatur ketat
  • Sulitnya mendapatkan pekerjaan
  • Larangan menonton pertandingan sepakbola pria di stadion

Alasan tersebut diambil berdasarkan aturan perempuan Iran tidak boleh melihat aurat pria yang kita ketahui mengenakan celana pendek saat pertandingan sepak bola.

Namun keputusan terkait larangan perempuan menonton pertandingan sepakbola di stadion tersebut telah dicabut sejak Desember 2019 lalu, hal ini dikarenakan FIFA sebagai federasi sepakbola dunia mengancam akan membekukan Iran dalam turnamen internasional. Akan tetapi peraturan tersebut hanya berlaku untuk pertandingan internasional saja, dan tetap dilakukan dalam pertandingan domestik

5. Hubungan dengan Amerika

Amerika dan Iran

Photo :
  • VOA

Iran dan Amerika kerap kali terlibat konflik, ingatkah kamu saat pesawat pengintai Amerika ditembak jatuh oleh militer Iran, hal ini membuat Donald Trump berkicau di akun Twitternya yang mengatakan, “Iran telah membuat kesalahan besar!” tulis Trump

Perkembangan terakhir dikatakan hamper memanas, terlebih pada saat terbunuhnya panglima garda revolusi Iran Jenderal Qassem Suleimani pada 3 Januari 2020 di bandara Internasional Baghdad Iraq, setelah mobil yang ditumpangi diterjang roket pesawat tanpa awak Amerika, selain Qassem, panglima militer Irak Abu Mahdi Al Muhandis juga tewas dalam insiden tersebut.

6. Internet halal

Pemerintah Iran meluncurkan jaringan internet Bernama National Information Network (NIN) pada tahun 2016, layanan yang memiliki label halal ini menjadi cara rezim untuk membatasi informasi yang yang masuk ke Iran,  NIN ini memiliki sistem kerja layaknya jaringan privat yang dikendalikan oleh pemerintah dan mereka juga dapat menentukan apa yang bisa dan tidak bisa diakses oleh pengguna.

Inilah 6 fakta menarik tentang negara Iran, negara yang dapat membuat amerika dan sekutunya harus tetap waspada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya