Ukraina Dapat Tambahan Bantuan Militer Rp7,6 Triliun dari Uni Eropa

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) di Azov
Sumber :
  • straitstimes.com

VIVA – Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell pada Jumat menyebutkan bahwa EU akan memberikan tambahan bantuan militer senilai 500 juta euro (sekitar Rp7,61 triliun) untuk Ukraina. Borrell juga mengatakan dirinya yakin bahwa kesepakatan bisa dicapai dalam beberapa hari mendatang untuk menyetujui embargo atas minyak Rusia.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Ketika berbicara kepada para wartawan di sela pertemuan menteri luar negeri negara-negara G7 di Jerman utara, Borrell mengatakan dukungan militer itu akan diberikan dalam bentuk persenjataan berat, seperti tank dan artileri.

VIVA Militer: Bongkar muat senjata anti-tank kiriman Amerika Serikat di Ukraina

Photo :
  • rt.com
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Dengan bantuan tambahan tersebut, total dana dukungan yang dikeluarkan kelompok negara-negara Eropa itu menjadi dua miliar euro (sekitar Rp30,43 triliun).

"Dorongan baru bagi bantuan militer. (Akan memberikan) tekanan lebih kuat terhadap Rusia dengan sanksi ekonomi dan melanjutkan pengucilan internasional terhadap Rusia serta menandingi misinformasi," ujarnya.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Borrell mengatakan ia juga merasa optimistik bahwa embargo yang dikenakan EU atas minyak Rusia juga akan disetujui dalam hari-hari mendatang.

"Saya yakin bahwa kita akan mencapai kesepakatan. Kita memerlukan dan akan memilikinya. Kita harus menghilangkan ketergantungan minyak dari Rusia," katanya.

"Kalau kesepakatan tidak tercapai pada tingkat duta besar, pada Senin para menteri ketika mereka bersidang mereka harus memberikan dorongan politis." (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya