Elisabeth Borne Jadi PM Prancis, Ini Sosoknya

PM Prancis Elisabeth Borne
Sumber :
  • AP Photo/Christophe Ena

VIVA – Elisabeth Borne diangkat sebagai Perdana Menteri (PM) Prancis yang baru. Hal ini merupakan pertama kalinya dalam 30 tahun seorang perempuan memegang posisi sebagai Perdana Menteri di Prancis.

Islamofobia di Prancis Makin Mengkhawatirkan, Ribuan Orang Lakukan Demonstrasi

Melansir dari CNN Amerika, Selasa 17 Mei 2022, Borne nantinya akan menggantikan Jean Castex. Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Istana Elysee Prancis dalam sebuah pernyataan pada Senin 16 Mei 2022.

Perdana Menteri perempuan pertama Prancis diketahui Edith Cresson, yang menjabat pada Mei 1991 dan April 1992 di bawah pemerintahan Presiden Sosialis Francois Mitterand. Namun setelahnya selalu dijabat oleh pria.

Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

Borne diketahui sebelumnya menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup, Perhubungan dan Tenaga Kerja. Dia akan memimpin pemerintah Prancis yang kemungkinan akan ditugaskan untuk memenuhi prioritas kampanye pemilihan Presiden Macron.

Kampanye yang digaungkan oleh Presiden terpilih Prancis Emmanuel Macron adalah peningkatan kebijakan yang dirancang untuk memerangi perubahan iklim.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Pengangkatan Borne ini mengikuti pemilihan kembali Presiden Emmanuel Macron yang terjadi pada 24 April. Borne dipercaya untuk membentuk pemerintahan.

Dia mendedikasikan pencalonannya untuk setiap gadis kecil yang memiliki impian.

“Ikuti impian anda sepanjang jalan. Tidak ada yang harus menahan perjuangan untuk tempat perempuan dalam masyarakat,” kata Borne dalam upacara yang diadakan pada hari Senin.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya