Sosok Heroik Dr Cheng: Tewas Halangi Penyerang Gereja di California

Sheriff Orange County memajang foto Dr John Cheng korban penembakan di Santa Ana
Sumber :
  • AP Photo/Jae C. Hong

VIVA – Seorang dokter terkemuka Orange County dinyatakan tewas dalam penembakan massal di sebuah gereja Taiwan di Laguna Woods pada Minggu 15 Mei 2022. 

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Dokter bernama John Cheng tersebut tewas setelah berusaha menghentikan aksi pria bersenjata dan Cheng berusaha melucuti senjata pelaku. Aksi heroik Cheng dianggap jasa besar karena dia rela mengorbankan nyawanya agar tak lebih banyak korban jatuh.

Sosok John Cheng sendiri dikenal sebagai seorang dokter yang berspesialisasi dalam kedokteran olahraga. Cheng diketahui berumur 52 tahun dan memiliki seorang istri serta dua anak. 

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Melansir dari ABC7, Selasa 17 Mei 2022, Cheng juga membantu mendirikan South Coast Medical Group yang berjarak sekitar empat mil dari tempat penembakan itu. 

Dokter bergelar doktor itu sebenarnya bukan bagian jemaat Gereja Presibiterian Jenewa itu. Tapi pada hari Minggu dia membawa ibunya ke sana untuk pertama kalinya sejak ayahnya meninggal sebulan yang lalu.
 
Selain ahli dibidang kedokteran olahraga, Cheng juga ahli dalam mengajarkan bagaimana melindungi diri mereka sendiri jika dalam keadaan darurat. 

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Selain itu rekan-rekan Dr. Cheng juga mengatakan mereka selalu tahu bahwa Cheng memiliki hasrat untuk pengobatan dan penyembuhan. Tewas dalam serangn di gereja, Cheng mendapatkan pujian sebagai pahlawan karena membayar pengorbanan tertinggi untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Cheng juga digambarkan sebagai anggota masyarakat yang dicintai, yang dikenal karena kerja kerasnya dan etos kerjanya dalam kedokteran olahraga.
 
Pihak kepolisian menilai aksi Cheng dalam insiden penembakan tersebut sebagai tindakan yang paling heroik yang pernah terjadi. Cheng memahami bahwa di dalam gereja ada banyak orang yang sudah tua dan karena itu dia sekuat tenaga menghentikan pelaku meski akhirnya Cheng mengorbankan dirinya sendiri agar orang lain bisa hidup.

Kantor Kementerian Agama

Soal Pembubaran Kegiatan Ibadah Berujung Kekerasan di Tangsel, Ini Kata Kemenag

Penyelesaian persoalan tersebut dihadiri sejumlah tokoh.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024