10 Fakta Prostitusi di Era Victoria, Anak Dilegalkan!

Victoria
Sumber :

VIVA – Fakta prostitusi di Era Victoria sudah bukan hal yang aneh lagi. Prostitusi yang dilegalkan selama era Victoria menggambarkan para wanita pada saat itu. Di mana mereka para wanita dijadikan istri sekaligus ibu, tapi di sisi lain berbeda lagi. Mereka hanya seorang wanita tuna susila yang tidak memiliki moral.

Mahasiswi dan IRT Jual Diri di Michat Demi Kebutuhan Hidup, Sekali Kencan Rp 200 Ribu

Era Victoria sendiri merupakan sejarah pada masa pemerintahan Ratu Victoria dalam sejarah Britania Raya, yang pada saat itu berlangsung sejak 1837 hingga kematiannya pada tahun 1901. Sama halnya pada era-era sebelumnya yang pastinya memiliki keunikan dan sisi menarik yang jarang diketahui, begitupun pada saat era Victoria ini yang tentunya menarik perhatian yang lebih.

Di mana pada era pemerintahan Ratu Victoria ini prostitusi sudah begitu marak, bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan saat ini. Terbukti, bahwa ada sekitar 80.000 wanita bekerja sebagai pelacur di London, belum dengan kota-kota lainnya.

Modus Kontes Model, 2 ABG Belia Nyaris Berangkat Dijual jadi PSK di Balikpapan

Tentu saja, hal ini membuktikan jika seks alias prostitusi pada masa itu sudah bukan hal yang asing lagi , melainkan sudah menjadi budaya yang begitu kental. Pelacur disebut "wanita yang jatuh kehormatannya," karena mereka dilihat sebagai contoh dari wanita yang tidak baik dan terhormat di masyarakat. 

Pada zaman Victoria dulu, tak banyak yang tahu jika sebagian besar wanita di sana merupakan wanita tuna susila. Di mana wanita dipaksa untuk bergantung pada para pria secara ekonomi. Pada masa itu prostitusi begitu digalakkan di banyak kalangan karena diyakini, bahwa pria membutuhkan pelampiasan hasrat seksual yang terpaksa mereka tekan dalam kehidupan sehari-hari. 

Prostitusi Online Pringsewu Terbongkar, Mucikari yang Jual PSK Muda Tarif Rp700 Ribu Diciduk

Hal ini juga memberikan banyak kesempatan bagi para wanita untuk mendapatkan upah yang tidak akan pernah mereka dapatkan sebelumnya dengan cara lain. Lantas seperti apa fakta prostitusi di Era Victoria saat itu? Berikut ini kami sajikan beberapa fakta prostiusi di Era Victoria yang menarik untuk dikupas, melansir dari listverse.

1. Prostitusi, Pekerjaan dengan Bayaran Tertinggi

ilustrasi uang koin

Photo :

Selama era Victoria, satu-satunya pilihan karier bagi wanita adalah profesi bergaji rendah, dan banyak yang memiliki kondisi kerja yang berbahaya. Ada pedagang kaki lima (yang membantu usaha suaminya), buruh pabrik, dan gadis toko.

 Jika seorang wanita sangat beruntung, dia bisa menjadi pembantu rumah tangga di tanah tuan atau nyonyanya. 

Bahkan wanita berpendidikan yang mempelajari keterampilan tingkat tinggi di perguruan tinggi bisnis, seperti mengetik dan menulis singkat, hanya menghasilkan rata-rata £25 per tahun . Itu masih belum cukup uang bagi perempuan untuk menghidupi diri sendiri atau anak-anak mereka tanpa bantuan suami.

Pelacur merupakan satu-satunya pekerjaan di mana seorang wanita dapat memiliki jam kerja yang lebih pendek dan mendapatkan upah tinggi secara tunai tanpa bergantung pada suami untuk mendukungnya. 

Jika dia sangat cantik, dia bisa mendapatkan cukup uang untuk mencapai kemandirian finansial total. Jika seorang wanita kelas bawah mampu membeli pakaian bagus dan hal-hal yang lebih baik dalam hidup, kemungkinan besar itu berarti dia adalah seorang pelacur.

2. Ada Tiga Tingkat Pelacur

ilustrasi wanita penggoda

Photo :

Sementara semua pelacur harus melakukan pekerjaan serupa, ada tiga tingkatan yang bisa dialami seorang wanita. Kelas terendah adalah wanita muda yang bekerja di rumah bordil. Mereka dipaksa untuk tidur dengan pria mana pun yang ditugaskan nyonya untuk mereka dan sering hidup dalam kondisi hidup yang kotor.Pelacur kelas menengah adalah wanita mandiri yang memiliki apartemen sendiri serta pejalan kaki. Mereka bisa memilih dan memilih klien mereka sendiri. Ini berarti bahwa tidak ada madame atau germo yang mengambil sebagian besar dari keuntungan mereka. Namun, menjadi pelacur independen berarti bahwa seorang wanita tidak akan memiliki perlindungan dari komunitas bordil atau pemeriksa medis di tempat.

Pelacur kelas tertinggi adalah wanita yang cantik dan berpendidikan cukup untuk hanya bekerja untuk klien kelas atas saja, yaitu bangsawan atau anggota parlemen. Beberapa bekerja secara eksklusif untuk satu orang. Banyak dari pelacur ini akhirnya menikahi dermawan mereka .

3. Suami Izinkan Istri Jadi Pelacur

Pelacuran anak.

Photo :
  • U-Report

Karena banyak pekerjaan kelas bawah tidak cukup untuk menghidupi keluarga besar, para istri pedagang kaki lima menawarkan jasa seks sampingan sambil membantu suami menjalankan bisnis keluarga.

Suami benar-benar baik-baik saja dengan mengizinkan pria lain tidur dengan istri mereka. Bahkan, 50 persen istri PKL dilaporkan bekerja sambilan sebagai PSK . 

Dalam beberapa kasus, istri dengan senang hati bekerja sebagai pelacur karena itu adalah cara baginya untuk mendapatkan penghasilan. Dalam kasus lain, sang suami bertindak sebagai germo, menggunakan istrinya sebagai miliknya, meminjamkannya sesuka hatinya.

Banyak wanita pekerja lajang (penjahit, gadis toko, dan pelayan) juga bekerja sebagai PSK kasual untuk menambah penghasilan mereka yang rendah. Namun, jika diketahui bahwa seorang wanita telah kehilangan keperawanannya sebelum menikah, itu berarti dia “jatuh” dan ditakdirkan untuk terus menjalani kehidupan prostitusi.

4. Pelacuran Anak Kecil Itu Disahkan

Prostitusi anak dilegalkan

Photo :

Selama Era Victoria, anak yang baru 11 tahun sudah bisa dikerjakan sebagai pelacur. Mirisnya lagi, banyak orang tua yang rela menjual anaknya sendiri untuk dijadikan pekerja seks demi mendapat uang tambahan.

Tidak seperti pelacur dewasa, pelacur anak-anak akan diberikan obat sejenis obat bius agar ia tak sadar ketika pria hidung belang merenggut jati dirinya.

5. Kebanyakan Pelacur adalah Wanita Berpendidikan

Ilustrasi buku.

Photo :
  • Pixabay

Pada tahun 1800-an, banyak wanita yang sebenarnya tidak mendapat pendidikan formal, tapi kebanyakan dari mereka mendapat bimbingan langsung untuk belajar tentang keterampilan sosial, etika, menulis dan hal lainnya.

Sayangnya, semua keterampilan itu tidak bisa digunakan untuk mencari nafkah, sehingga banyak wanita yang berpendidikan lebih memilih jadi pelacur.

6. Panti Asuhan Pelacur

Meskipun prostitusi legal, banyak wanita malam ditangkap karena kejahatan seperti mabuk di tempat umum atau berkumpul di jalan. 

Perilaku tersebut dianggap ilegal di bawah Undang-Undang Klausul Polisi Kota tahun 1847 . Banyak dari kejahatan kecil itu mengakibatkan satu tahun penjara.

Ada juga tempat yang disebut panti asuhan , yang bertujuan untuk merehabilitasi perempuan yang jatuh. Kelompok agama sering menjalankan ini. 

Sikap orang-orang yang mengelola panti asuhan adalah bahwa pelacur bertindak atas keinginan egois mereka sendiri. Dalam banyak hal, tinggal di panti asuhan lebih buruk daripada penjara. Mereka mengharuskan wanita untuk tinggal selama minimal dua tahun untuk memastikan mereka "sembuh." 

Wanita juga diminta untuk menunjukkan rasa benci yang mendalam atas tindakan jahat mereka dan keinginan untuk pengampunan dari Tuhan atas dosa-dosa mereka untuk memenuhi syarat untuk perumahan. 

Reformatori mengharuskan wanita untuk bangun pada pukul 5:00 pagi, berdoa empat kali sehari, menghadiri kebaktian dua kali sehari, bekerja keras, dan dikunci di kamar tidur mereka pada pukul 8:00 malam.

7. Dipaksa Pemeriksaan Medis

Beberapa pelanggan paling sering di rumah bordil adalah pria muda di militer. Penyakit kelamin begitu umum di tahun 1800-an sehingga membunuh orang militer sama banyaknya dengan perang. Itu juga membuat banyak pria berbadan sehat tidak layak untuk bertempur .

Pada tahun 1864, untuk mencegah penyebaran penyakit, Undang-Undang Penyakit Menular disahkan. Di kota-kota yang terletak dekat pangkalan angkatan laut, setiap wanita (bahkan jika dia bukan seorang pelacur) yang dicurigai membawa infeksi menular seksual dipaksa untuk menjalani pemeriksaan medis. 

Jika seorang wanita menolak, dia akan diikat ke meja. Jika diketahui bahwa dia terinfeksi, dia akan dipaksa dirawat di rumah sakit hingga tiga bulan.Sementara risiko tertular penyakit kelamin tinggi bagi pelacur, mereka sebenarnya jauh lebih sehat daripada rata-rata perempuan kelas pekerja karena mereka tidak harus menanggung 14 jam kerja yang melelahkan di pabrik.

8. Charles Dickens Mencoba Selamatkan Wanita yang Tidak Terhormat

Pada tahun 1847, Charles Dickens, bersama dengan seorang jutawan pewaris dan dermawan bernama Angela Georgina Burdett-Coutts , memutuskan untuk membayar pendirian Urania Cottage. Itu adalah tempat di mana pelacur, mantan tahanan, dan wanita dari rumah kerja memiliki pilihan untuk melarikan diri dari kehidupan mereka yang seringkali berbahaya dan tragis. Urania Cottage bertujuan untuk mengajari para wanita ini keterampilan lain yang dapat mereka gunakan untuk transisi ke pekerjaan lain.

Dickens menulis pamflet berjudul An Appeal to Fallen Women , mendorong para wanita muda untuk pergi ke Urania Cottage untuk memulai awal yang baru. Saat dia melakukan pelayanan publik dalam membantu para wanita ini, itu juga merupakan bagian dari proses penulisannya. Dia mewawancarai banyak dari mereka, mendengar kisah hidup mereka . Dickens kemudian akan menggunakan cerita mereka untuk menginspirasi fiksinya. Dalam David Copperfield dan Oliver Twist , dia menciptakan karakter yang dapat diklasifikasikan sebagai "wanita yang jatuh" dan menggambarkan mereka sebagai korban keadaan daripada manipulator jahat. Tulisannya membantu penonton Victoria bersimpati dengan wanita-wanita ini pada tingkat manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya