10 Tokoh Ulama Berpengaruh di Dunia

Habib Umar bin Hafidz (Foto: Internet)
Habib Umar bin Hafidz (Foto: Internet)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ulama adalah tokoh masyarakat yang memahami dan mendalami terkait ilmu agama, khususnya di Islam, ulama kerap kali dijadikan tolak ukur dalam pengambilan suatu keputusan yang melibatkan kepentingan orang banyak, dan tentu melalui musyawarah diantara tokoh-tokoh para ulama.

Berikut ini VIVA telah merangkum 10 tokoh Ulama paling berpengaruh di dunia melansir dari Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi 2022 dan berbagai sumber:

1. Dr Ali Gomaa

Ali Gomaa adalah Mufti besar Mesir periode 2003-2013, ia dikenal dengan sebutan Fadhilatu Syaikh DR. Ali Gomaa Mohamed Abdel Wahab, lahir di Mesir pada 3 Maret 1951. Ia adalah seorang sarjana Islam Mesir, ahli hukum, dan tokoh masyarakat.

Dia mengkhususkan diri dalam Teori Hukum Islam. Dia mengikuti mazhab Syafi`i yurisprudensi Islam dan mazhab Asy'ari tentang prinsip iman. Gomaa adalah seorang Sufi, namanya merupakan 1 dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Center of Jordan edisi terbaru 2022.

2. Bilal Philips

Memiliki nama lengkap Abu Ameenah Bilal Philips dia lahir di Dennis Bradley Philips pada 17 Juli 1947, Bilal adalah seorang ulama Islam di Kanada, pembicara, penulis, pendiri dan rektor Universitas Terbuka Internasional, yang tinggal di Qatar.