Indonesia Lakukan Kerja Sama Dengan Serbia untuk Ketahanan Pangan

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi.
Sumber :
  • Tangkapan layar zoom meeting

VIVA – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, pada Senin 23 Mei 2022, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Dalam perjanjian bilateral tersebut, Retno mengatakan bahwa Indonesia dan Serbia menandatangani MoU Konsultasi Politik sebagai dasar Forum Konsultasi Bilateral Indonesia – Serbia untuk membahas berbagai isu kepentingan bersama.

“Dalam pertemuan itu, kami juga mengidentifikasi bidang-bidang kerja sama yang perlu diperkuat lebih lanjut,” kata Retno dalam Konferensi Pers yang diadakan melalui zoom pada Senin 23 Mei 2022.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Serbia, Nikola Selakovic.

Photo :
  • Tangkapan layar zoom meeting

Dalam pertemuannya dengan Menlu Serbia, Retno mengatakan bahwa mereka membahas mengenai kerja sama ketahanan pangan, dan mereka turut prihatin dengan dampak perang di Ukraina terhadap ketahanan pangan di beberapa negara.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

“Untuk itu, kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan komoditas pangan atau pertanian khususnya gandum,” ujar Retno.

Selain itu, Selakovic juga mengatakan bahwa Indonesia dan Serbia adalah mitra yang baik dan bertanggung jawab. “Kunjungan ini merupakan tanda dan kesepakatan baik kita untuk meningkatkan kerja sama kita di semua tingkatan,” kata Selakovic.

Lebih lanjut, Retno menekankan bahwa Badan Usaha Milik Negara Indonesia PT. Berdikari dan mitra bisnis Serbia telah menunjukan kesiapan untuk memfasilitasi ekspor gandum Serbia ke Indonesia.

“Menteri Selakovic juga akan bertemu dengan PT. Berdikari untuk membicarakan hal ini lebih detail pada sore ini,” ungkap Retno.

Selain itu, Retno juga mengungkapkan kesenangannya atas negara Serbia yang sudah memperkerjakan orang Indonesia di berbagai sektor termasuk sektor kontruksi, makanan dan minuman, serta perhotelan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya