Kemlu Bantah Kabar Komisaris Tinggi HAM PBB Bakal Datang ke Papua

Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri RI Achsanul.
Sumber :
  • ANTARA/Yashinta Difa

VIVA – Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada rencana kunjungan Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (KT HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke Indonesia pada tahun ini. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemlu, Achsanul Habib, menanggapi berita mengenai kunjungan KT HAM PBB ke provinsi Papua dan Papua Barat.

“Berita yang beredar bahwa pada 2022 akan berlangsung kunjungan KT HAM atau special rapporteur (pelapor khusus) untuk kedua provinsi tersebut dapat dipastikan adalah berita yang tidak mendasar,” kata Achsanul dalam video pernyataannya, Senin.

Ia menjelaskan bahwa undangan yang disampaikan Indonesia kepada KT HAM PBB adalah kunjungan untuk melakukan peninjauan pembangunan dan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Papua dan Papua Barat.

“(Undangan tersebut) sama sekali tidak terkait dengan kerangka investigasi atau fact finding mission (misi pencarian fakta). Sejauh ini hubungan kami dengan KT HAM juga sangat baik,” tutur Achsanul.

Ia memastikan dalam Sidang Dewan HAM PBB yang diselenggarakan pada 28 Maret-1 April 2022 tidak ada agenda dan pembahasan mengenai Indonesia, atau terkait isu-isu khusus misalnya pelanggaran HAM di Papua.

Sebaliknya, menurut Achsanul, kerja sama antara Indonesia dan KT HAM PBB terus terjalin dengan baik, termasuk melalui komunikasi intensif antara Kemlu RI dan kantor regional HAM PBB yang berbasis di Bangkok, Thailand. (Ant/Antara)

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua
 Massa Aksi For You Palestine (FYP) di depan Kedubes Yordania.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Massa For You Palestina (FYP) mengingatkan pentingnya untuk menyingkirkan segala hambatan terhadap akses bantuan kemanusiaan dalam skala besar ke Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024