Joe Biden Peringatkan Bahaya Cacar Monyet

Presiden AS, Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan pada Minggu 22 Mei 2022, bahwa kasus cacar monyet yang terjadi baru-baru ini di Eropa dan AS adalah sesuatu yang harus diperhatikan dan dikhawatirkan.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Melansir dari AP, Selasa 24 Mei 2022, dalam komentar publik pertamanya mengenai penyakit itu, Biden menambahkan bahwa penyakit cacar monyet menjadi perhatian, karena jika menyebar maka akan menimbulkan konsekuensi.

Cacar monyet

Photo :
  • times of india
Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Biden berbicara mengenai penyakit cacar monyet kepada wartawan saat dirinya berada di Pangkalan Udara Osan di Korea Selatan. Saat itu dia mengunjungi pasukan Korea Selatan sebelum berangkat ke Jepang, untuk perjalanan pertamanya ke Asia sebagai presiden.

“Mereka belum memberitahu saya tingkat paparannya, tetapi itu adalah sesuatu yang harus diperhatikan semua orang,” kata Biden.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Dia menambahkan bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk menentukan vaksin apa yang mungkin efektif untuk menangani kasus cacar monyet yang menyebar di Eropa termasuk AS.

Penasihat Keamanan Nasional Biden, Jake Sullivan, mengatakan kepada wartawan bahwa AS memiliki persediaan vaksin yang relevan untuk mengobati cacar monyet. “Kami memiliki vaksin yang tersedia untuk digunakan untuk tujuan itu,” kata Sullivan.

Dia mengatakan bahwa Presiden Biden mendapatkan pembaruan rutin mengenai wabah yang menggemparkan Eropa itu.

Penyakit cacar monyer sendiri sebenarnya jarang diidentifikasi di luar Afrika, tetapi pada Jumat 20 Mei 2022, ada 800 kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia, termasuk dua di AS, dan 50 lainnya masih dicurigai.

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

Pada hari Minggu, satu kasus cacar monyet juga sedang diselidiki di Broward County di Florida Selatan, yang menurut pejabat kesehatan negara bagian tampaknya hal tersebut terkait dengan perjalanan internasional.

Meskipun penyakit ini masuk ke dalam keluarga virus cacar, namun gejalanya jauh lebih ringan. Orang yang terpapar cacar monyet, biasanya akan sembuh dalam dua hingga empat minggu tanpa perlu dirawat di rumah sakit, tetapi terkadang penyakit ini mematikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya