Rusia Siap Bantu Indonesia Dalam Pembangunan IKN Nusantara

Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.
Desain Garuda untuk Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru.
Sumber :
  • Tangkapan kamera @suharsomonoarfa.

VIVA - Pemerintah Rusia mengatakan siap untuk membantu Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Hal ini diungkapkan oleh Kedutaan Rusia untuk Indonesia dalam Twitternya pada Selasa 24 Mei 2022.

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Photo :
  • Antara

Pertemuan di Thailand

Dalam cuitan di Twitternya, Rusia mengatakan bahwa pada Minggu, 22 Mei 2022, Menteri Pengembangan Federasi Rusia Maxim Reshetnikov telah bertemu dengan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Pertemuan tersebut terjadi di sela-sela kerjasama ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang diselenggarakan di Thailand.

Baca juga: 20 Negara Kirim Senjata Militer ke Ukraina agar Kuat Lawan Rusia

Perdagangan Antara Indonesia dan Rusia Meningkat

Rusia menjelaskan bahwa pada 2021 perdagangan bilateral antara Indonesia dan Rusia mengalami kenaikan mencapai 40,6 persen dan mencapai US$3,3 miliar atau setara dengan Rp48,3 triliun.

“Kami bersedia membagi pengalaman dan teknologi Rusia untuk merealisasikan rencana Pemerintah Indonesia membangun Ibu kota baru di Kaltim,” kata Maxim Reshetnikov.

Selain menyatakan dukungan dan bantuan untuk Ibu Kota Nusantara, Rusia juga mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan semua dukungan untuk menyukseskan acara G20 yang presidensinya dipegang oleh Indonesia tahun ini.

Pertemuan yang terjadi di Thailand itu, kedua belah pihak juga membahas kemungkinan peningkatan kerjasama bilateral di sektor pertanian, energi, serta pariwisata.