10 Hal Unik yang Hanya Terjadi di Arab Saudi

Bendera Arab Saudi.
Sumber :
  • Ist

VIVA – Arab Saudi merupakan negara kelahiran agama Islam dan tempat bagi kota suci yakni Mekkah dan Madinah. Ada banyak hal unik di Arab Saudi yang tersimpan dan mungkin belum diketahui oleh kebanyakan orang. Beberapa hal unik dari Arab Saudi ini ada yang diketahui secara luas di seluruh dunia dan beberapa hal unik lainnya adalah harta karun yang tersembunyi dan belum diketahui. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Apa saja hal unik di Arab Saudi itu? Simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari CBS News dan sumber lainnya untuk kamu ketahui. 

1. Larangan mengemudi bagi wanita

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Arab Saudi menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang wanita untuk mengemudi. Selama beberapa dekade, wanita di Arab Saudi telah dilarang mengemudikan mobil karena versi Islam Sunni yang ketat di negara tersebut. Namun, pada 2018 wanita di Arab Saudi akhirnya diizinkan mengemudi. 

2. Keluarga kerajaan

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Anggota keluarga kerajaan yang ada di Arab Saudi diketahui jumlahnya ada ribuan. Terdapat lebih dari 7.000 pangeran di keluarga kerajaan Arab Saudi yang hidupnya telah terjamin dalam hal pekerjaan dan kekayaan.

3. Pakaian

Pakaian yang dikenakan oleh orang-orang di Arab Saudi untuk pria adalah thobe dan untuk wanita adalah abaya. Apa yang mereka kenakan tersebut menjadi hal menarik karena tidak tidak dipakai di negara lain. 

4. Tidak fitting room

Tidak ada fitting room atau kamar ganti pas di pusat perbelanjaan Arab Saudi. Hal itu dikarenakan para wanita tidak diperbolehkan mencoba pakaian saat berbelanja. Membayangkan mereka melepas jubah, bahkan di balik pintu kamar pas saja dianggap tidak pantas.

5. Negara yang penuh dengan anak muda

Dua pertiga populasi Arab Saudi berusia di bawah 35 tahun. Usia rata-rata adalah 30 tahun. Menurut laporan terbaru, 30,3% populasi berusia di bawah 14 tahun dan 34,7% berusia antara 15-35 tahun. Sekitar 51% dari populasi pemuda Saudi adalah laki-laki.

Persentase pemuda dan pemudi yang belum pernah menikah pada kelompok umur 15-34 tahun adalah 66,23 persen. Persentase wanita yang belum menikah dalam kelompok usia ini adalah 43,1 persen.

6. Wanita dilarang masuk ke pemakaman

Hal unik di Arab Saudi yang lainnya yakni adalah wanita dilarang masuk ke pemakaman atau kuburan. Sebagai bagian dari salah satu larangan kerajaan yang paling tidak biasa, wanita di Arab Saudi dilarang memasuki kuburan.

7. Adanya larangan LGBTQ

Pria dan wanita yang homoseksual akan dijebloskan ke penjara bagi mereka yang melakukan sodomi dan berpakaian seperti lawan jenis. Bahkah komunitas LGBTQ di Arab Saudi sempat dikabarkan akan dihukum mati jika secara terang-terangan memperlihatkan diri sebagai LGBTQ.

8. Pembatasan hak perempuan di Arab Saudi

Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah memperkenalkan reformasi besar-besaran bagi perempuan untuk memodernisasi negara Timur Tengah. Termasuk memberi perempuan hak untuk mendapatkan paspor, bepergian ke luar negeri dan hidup mandiri tanpa izin wali (wali laki-laki).

Tetapi negara ini masih membatasi banyak bidang kehidupan sehari-hari perempuan. Wanita masih memerlukan izin kerabat pria untuk memulai bisnis, menikah dan lain sebagainya. Namun undang-undang itu diubah pada 2018. 

9. Pasar unta terbesar

Pasar unta terbesar di dunia ada di Arab Saudi dan Riyad menjadi pasar unta terbesar di negara tersebut. Pada setiap harinya, ada sekitar 100 unta yang terjual. Secara historis unta merupakan sumber transportasi utama bagi Arab Saudi. Namun di zaman sekarang ini mereka masih memiliki dan membudayakannya. 

10. Hukum di Arab Saudi 

Hakim di Arab Saudi memiliki kekuasaan penuh atas hukum karena tidak ada kode hukum dan orang yang berurusan dengan hukum tidak memiliki cara untuk mengajukan banding mereka. Sehingga hakim hanya memberikan hukuman berdasarkan interpretasi mereka sendiri terhadap kitab suci Islam dan hukum yang berlaku.

Selain itu, hukum karena kejahatan di Arab Saudi juga sering kali ekstrem. Bagi pelaku perzinahan akan dijatuhi hukuman mati dengan dirajam. Sementara hukum berhubungan seks pranikah akan dihukum penjara dan cambuk. Sedangkan bagi pelaku pencurian akan dipotong kaki atau tangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya