Uni Emirat Arab Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama Pada Wanita

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop
Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop
Sumber :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

VIVA – Otoritas kesehatan Uni Emirat Arab pada Selasa 24 Mei 2022, mengonfirmasi kasus pertama virus cacar monyet di negara itu, pada seorang wanita muda yang melakukan perjalanan dari Afrika Barat. Dalam hal ini, pemerintah Arab tidak banyak bicara dan memberikan detail terkait pasien tersebut, tetapi mereka mengatakan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki kontak dari wanita tersebut.

“Kami sedang menyelidiki kontaknya dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membatasi penyebaran cacar monyet,” kata pemerintah Arab dalam pernyataannya, dikutip dari AP, Rabu 25 Mei 2022.

Sejauh ini, dalam pernyataan tersebut pemerintah Arab tidak mengatakan di mana kasus itu ditemukan.

Cacar monyet

Cacar monyet

Photo :
  • The Sun

Bukan hanya kali ini saja, selama pandemi virus corona, pihak berwenang di negara otokratis juga menolak untuk memberikan rincian geografis mereka untuk kasus COVID-19.

Diagnosis di UEA menandai kasus pertama yang dilaporkan di Semenanjung Arab. Selain negara tersebut, Israel juga mencatat kasus pertama cacar monyet, yang dilaporkan di Timur Tengah pada awal pekan ini.

Kasus penyakit terkait cacar monyet sebelumnya hanya terlihat di antara orang-orang yang memiliki hubungan dengan Afrika Tengah dan Barat. Namun, baru-baru ini negara Eropa seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Italia, Amerika Serikat (AS), Swedia, dan Kanada semuanya melaporkan infeksi dari cacar monyet tersebut.