36 Jam Pencarian, Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Emmril Khan Mumtadz anak Ridwan Kamil
Emmril Khan Mumtadz anak Ridwan Kamil
Sumber :
  • Instagram @emmerilkhan

VIVA – Kepolisian Bern, Swiss, menempuh berbagai upaya untuk menemukan Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dilaporkan hilang di Sungai Aare sejak Kamis siang, 26 Mei 2022, waktu setempat.

Sejumlah tim dikerahkan termasuk regu patroli darat dan air untuk melakukan pencarian Eril. Namun, hingga Jumat malam waktu Swiss, anak Gubernur Jawa Barat itu belum juga ditemukan.

Juru Bicara Kepolisian Bern, Joel Regli, melalui korespondensinya dengan jurnalis tvOne Nurul Larasati, mengungkapkan rincian tindakan yang sudah ditempuh demi menemukan pemuda yang akrab disapa Eril itu.

"Berbagai regu patroli Kepolisian Bern, darat dan air telah dikerahkan, dan proses rinci diberlakukan," demikian ucap Joel Regli, Jumat malam dilansir tvonenews, Sabtu, 28 Mei 2022.

Sungai Aare di Bern, Swiss

Sungai Aare di Bern, Swiss

Photo :
  • Youtube Virtual Switzerland

Menurut Joel, pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat itu dilakukan dengan berbagai cara.

"Dilakukan dengan berjalan kaki di sepanjang tepi sungai, pos pengamatan didirikan di jembatan, dan polisi danau serta polisi kebersihan terlibat di perairan," tambahnya.

Menurut Joel, anak dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya itu dilaporkan hilang di dekat Schönau dan Gaskessel.

"Ini adalah bentangan Aare yang terletak di selatan pusat Kota Bern," tulis Joel kepada Laras. 

Dia menambahkan Aare merupakan jalur air yang banyak digunakan untuk kegiatan rekreasi.  

"Pencarian dilakukan dan sedang dilakukan di sepanjang tepi sungai, dari pos pengamatan di jembatan dan di atas air dengan perahu," ujar Joel.

"Pria dewasa muda berkewarganegaraan Indonesia itu masih hilang dan pencarian masih berlangsung," sambungnya

Tim SAR Menyelam Danau

Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK 2012-2017, Muliaman D Hadad.

Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK 2012-2017, Muliaman D Hadad.

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad mengatakan pencarian terhadap Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss masih terus dilanjutkan. Tim SAR memperluas pencarian ke beberapa lokasi berbeda. 

Salah satu lokasi pencarian yang akan intensif dilakukan adalah muara sungai Aare, yakni salah satu danau di sana. Menurut Muliaman, Sungai Aare disebut mengarah ke danau yang menjadi muara. Tim SAR terus memantau kedalaman air dan arah arus sungai. Apabila situasinya memungkinkan akan dilakukan penyelaman di danau tersebut.

"Kalau memang situasinya memungkinkan, sudah mulai melakukan penyelaman di danau yang relatif stabil, kalau di sungai arusnya relatif berat," kata Muliaman dikutip dari tvonenews, Jumat, 27 Mei 2022.

Pencarian Eril melibatkan polisi, pemadam kebakaran, dan tim SAR Swiss. Pencarian dilakukan di lokasi berbeda dan cakupan daerahnya diperluas dari hari kemarin.
 
"Sekarang di lokasi yang berbeda diduga lokasi yang secara potensial ditemukan, karena medannya khusus ya, jadi tim SAR yang tahu persis hari ini. Pada dasarnya mereka bekerja keras, kita doakan saja semua mereka berjalan lancar," ujarnya.

Emmeril Khan Mumtadz atau Eril bersama keluarganya sedang berada di Swiss dalam rangka survei universitas tempat dia akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Swiss. Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Kamis, 26 Mei 2022.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama delegasi dari Pemda Prov Jabar tengah melaksanakan perjalanan dinas dalam rangka kegiatan pemerintahan untuk memenuhi undangan dari berbagai pihak baik di Italy dan Inggris.

Ridwan Kamil mendapat kabar mengenai hilang kontaknya Eril dari keluarga pada Kamis, 26 Mei 2022, pukul 11.00 waktu Swiss. Setelah menerima kabar tersebut, Ridwan Kamil menuntaskan kegiatan di Inggris dan langsung bertolak menuju ke Swiss.