Belarus Bakal Latihan Militer Dekat Perbatasan Dengan Ukraina

Pemandangan menunjukkan kendaraan lapis baja selama latihan militer
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maxim Guchek/BelTA

VIVA – Belarus, negara sekutu erat Rusia, akan melakukan latihan pengerahan militer pada Juni dan Juli di wilayah Gomel, menurut laporan kantor berita BeITA, Senin 30 Mei 2022.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Gomel adalah wilayah yang berbatasan dengan Ukraina di selatan, juga di beberapa titik zona eksklusif sekitar lokasi bencana reaktor nuklir Chernobyl. Di timur, Gomel berbatasan dengan Rusia.

Pada 22 Juni hingga 1 Juli, badan-badan administratif militer beserta angkatan bersenjata akan menggelar latihan, lapor BeITA yang mengutip Andrey Krivonosov, komisar militer wilayah Gomel.

Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

VIVA Militer: Tentara dan kendaraan lapis baja militer Rusia

Photo :
  • www.aa.com.tr

"Kegiatan-kegiatan seperti ini secara tradisional diselenggarakan untuk meningkatkan kesiapan tempur dan mobilisasi komisariat militer, juga untuk menambah pengetahuan militer serta keterampilan praktis bagi mereka yang bertanggung jawab untuk dinas militer," kata Krivonosov seperti dikutip BeITA.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pada 28 Juni-16 Juli, kata Krivonosov, pelatihan militer menyangkut formasi pertahanan wilayah akan dilangsungkan bagi mereka yang bertanggung jawab untuk dinas militer. Belarus pada Maret mengatakan angkatan bersenjata negara itu tidak akan mengambil bagian dalam gerakan yang disebut Moskow sebagai "operasi khusus" di Ukraina.

Namun, Belarus dijadikan tempat peluncuran bagi Rusia untuk mengirimkan ribuan tentara ke perbatasan Ukraina pada 24 Februari. Pada 26 Mei, Presiden Belarus Alexander Lukashenko memerintahkan pembentukan sebuah komando militer baru untuk wilayah selatan negara itu yang berbatasan dengan Ukraina. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya