5 Alutsista Militer Jepang yang Ditakuti Dunia, Sangat Mumpuni!

Izumo class
Sumber :

VIVA – Selain Amerika Serikat, alutsista militer Jepang yang ditakuti dunia juga sangatlah beragam. Jepang yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar di dunia, memiliki beberapa alutsista militer yang tak diragukan lagi.

Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) merupakan salah satu unsur pembentuk kekuatan militer suatu negara. Sama dengan negara lainnya, Jepang pun memiliki banyak senjata yang kuat.

Senjata militer di setiap negara, khususnya Jepang sepertinya menjadi salah satu topik pembahasan yang menarik, pasalnya jarang kita dengar sejak Jepang kalah telak di Perang Dunia II dengan dibomnya wilayah Hirosima dan Nagasaki.

Tiga Kapal di Muara Baru Terbakar, 3 Orang Tewas

Sekarang sebaliknya, saat ini Jepang malah dikenal sebagai kota super santun dan menjadi tujuan destinasi wisata berbagai penjuru dunia. Selain itu, Jepang juga berhasil mengembangkan berbagai hal di bidang militernya, seperti alutsista atau Alat Utama Sistem Senjata yang dimilikinya.

Bahkan, Jepang diperkirakan memiliki biaya atau budget untuk militernya sendiri bisa mencapai 689 triliun rupiah, 5 kali lipat lebih banyak dari negara kita, Indonesia. 

Danwing 1 Kopasgat Kerahkan 100 Prajurit dan Alutsista Handal Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Wajar saja, dengan budget yang dimiliki Jepang mereka memiliki alutsista yang mumpuni dan mendunia. Berikut ini akan kami bagikan lima alutsista militer Jepang yang ditakuti dunia. 

1. Tank Type 10

Tank TYPE 10

Photo :

Sebagai negara yang memproduksi tank yang sangat buruk selama Perang Dunia II, Jepang selama periode pascaperang memiliki reputasi yang cukup untuk diatasi. 

Tank masa perang seperti Tipe 97 “Chi-Ha” berada satu dekade atau lebih di belakang negara-negara lain di dunia selama periode pengembangan tank yang sangat cepat.

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknis Jepang, badan penelitian dan pengembangan Kementerian Pertahanan, mulai mengembangkan tank tempur utama Tipe 10 generasi keempat pada tahun 2002. Tank ini dirancang untuk melengkapi tank Tipe 90 yang lebih berat dan menggantikan tank tempur utama berusia tiga puluh tahun. tua Tipe 74 langsung.

Tipe 10 dirancang untuk menjadi tank yang lebih kecil, dan dengan demikian lebih mobile secara taktis dan strategis. Sebagian besar infrastruktur jalan Jepang dibangun untuk mengakomodasi mobil dan truk yang lebih kecil, dan medan pegunungan sering kali mencakup jembatan dengan batasan berat tertentu. Ada juga undang-undang yang melarang kendaraan berat—termasuk tank GSDF—beroperasi di sebagian besar jalan. Tipe 10 dirancang untuk menjadi tank yang lebih kecil untuk mematuhi undang-undang jalan raya dan cukup kecil dan ringan untuk melintasi beberapa jembatan kendaraan sipil yang lebih besar. Ini juga membuat Tipe 10 lebih cocok untuk transportasi udara dan laut.

Tipe 10 dirancang untuk menjadi tank yang cepat dan sangat mobile. Ini didukung oleh mesin diesel empat langkah, delapan silinder yang menghasilkan 1.200 tenaga kuda. Hasilnya adalah tenaga kuda-untuk-berat jatah dua puluh tujuh tenaga kuda per ton, membuatnya cepat untuk tank tempur utama. Ia mampu melaju empat puluh tiga mil per jam di jalan raya dan, berkat transmisi variabel kontinu, dapat melaju dengan cepat saat mundur.

2.  “Kapal Serbaguna” Kelas Izumo

Izumo class

Photo :

Dengan muatan penuh 27.000 ton dan panjang lebih dari 800 kaki, penghancur helikopter kelas Izumo adalah kapal angkatan laut terbesar yang dibangun oleh Jepang pascaperang. 

Secara resmi merupakan “pengawal/perusak tipe pengangkut helikopter”,  Izumo  dibangun di  galangan kapal Japan Marine United  di Yokohama dan dijadwalkan untuk bergabung dengan armada pada Maret 2015. Dua kapal perusak Izumo akan dibangun, dengan kapal kedua belum diberi nama.

Kelas Izumo, seperti kelas Hyuga sebelumnya yang lebih kecil, memiliki kemiripan yang kuat dengan kapal induk. Izumo  disebut-sebut oleh JMSDF sebagai kapal serba guna. 

Dengan dek penerbangan dan hanggar yang panjang, setiap Izumo dapat menampung dan melayani hingga 14 helikopter. Berbekal helikopter anti-kapal selam SH-60, setiap Izumo bisa menyapu area air yang luas untuk kapal selam.

Helikopter perusak baru Jepang dapat digunakan dalam peran amfibi. Selama latihan Dawn Blitz AS-Jepang tahun 2013, JS Hyuga bertindak sebagai lapangan terbang di laut untuk transportasi CH-47 Chinook dan helikopter serang AH-64 Apache dari Pasukan Bela Diri Darat. 

Dalam keadaan darurat, Izumo dapat membawa pasukan senilai satu batalion dari Brigade Lintas Udara ke-1 atau  Resimen Infanteri Tentara Barat  dan mengangkut mereka ke pantai melalui helikopter.

Akhirnya, telah berspekulasi bahwa Jepang dapat memesan pengebom tempur F-35 gelombang kedua, kali ini model B yang diadopsi oleh Marinir AS dan Angkatan Laut Kerajaan, dan mengoperasikannya dari “helikopter perusak” barunya. 

F-35B dapat beroperasi dari kapal perusak Izumo—dan bahkan Hyuga—tetapi harus ada modifikasi ekstensif, termasuk dukungan untuk pesawat sayap tetap dan pengerasan dek penerbangan untuk menahan suhu tinggi yang dihasilkan saat lepas landas dan mendarat vertikal.

 Ini akan menjadi langkah yang mahal dan berisiko secara politis hanya untuk menempatkan segelintir pesawat di laut, tetapi jika Jepang percaya itu perlu untuk pertahanan wilayah pulau Senkaku dan Ryukyu, itu bisa terjadi.

China takut dengan kelas Izumo karena ini adalah platform yang serbaguna. Sebagai platform ASW, itu bisa menyapu dan membersihkan area yang luas dari kapal selam China. 

Sebagai platform amfibi, ini memberikan kemampuan bagi Jepang untuk menempatkan pasukan di darat di pulau-pulau terpencil. Dan sebagai kapal induk ad-hoc, ia dapat menempatkan beberapa pembom tempur generasi kelima yang tersembunyi di platform seluler di Laut Cina Timur.

3. Kapal Selam Listrik Diesel Kelas Soryu

Soryo class

Photo :

Kapal selam kelas Soryu Jepang  adalah beberapa kapal selam serangan non-nuklir paling canggih di dunia. Menggantikan 4.100 ton terendam, kapal selam dapat membuat 13 knot di permukaan dan hingga 20 knot saat terendam. 

Empat  sistem propulsi independen udara Stirling  memungkinkan  kelas Soryu  untuk tetap berada di bawah air jauh lebih lama daripada kebanyakan kapal selam listrik diesel.

Kelas  Soryu  dipersenjatai dengan enam tabung torpedo yang dipasang di busur, dengan total 20 torpedo pelacak berkecepatan tinggi Tipe 89 dan  rudal Sub-Harpoon buatan Amerika . 

Kapal selam Jepang juga bisa menjadi kendaraan pengiriman rudal jelajah, jika konsep serangan pendahuluan, yang saat ini sedang diperdebatkan dalam politik Jepang, menjadi kenyataan.

Saat ini ada delapan  kapal selam kelas Soryu , dengan lebih banyak lagi yang sedang dibangun. Menanggapi meningkatnya ketegangan dengan China dan armada kapal selam Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat yang berkembang, pada tahun 2010 Jepang memutuskan untuk meningkatkan kekuatan kapal selamnya sendiri dari 16 menjadi 22.

Doktrin kapal selam pascaperang Jepang memusatkan kapal selam di sejumlah rute invasi utama ke Jepang: Selat Tsugaru, Selat Tsushima, Selat Kanmon, dan Selat Soya. 

Konsentrasi ini adalah peninggalan Perang Dingin, dari saat Jepang memperkirakan Uni Soviet akan menyerang selama masa perang.  Rencana penyebaran yang lebih berpusat pada China, terutama dengan mempertimbangkan pulau Senkaku dan Ryukyu, dapat melihat penyebaran yang lebih maju ke Laut China Timur dan Laut Jepang.

Armada kapal selam Jepang sangat mengkhawatirkan bagi China karena kelemahan tradisional Beijing dalam perang anti-kapal selam (ASW). China belum mempraktikkan ASW di masa perang dan secara institusional kekurangan keterampilan dan aset. 

Jepang, di sisi lain, telah mengoperasikan kapal selam selama beberapa dekade. Awak kapal selam Jepang dilaporkan terlatih dengan baik, setara dengan rekan-rekan Amerika mereka.

4. Jet Tempur Mitshubisi F-2

Mistsubishi f2

Photo :

F-2 adalah jet tempur dukungan dekat yang dimiliki oleh Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF). Itu dirancang berdasarkan pesawat tempur F-16 AS untuk menggantikan F-1 oleh program pengembangan bersama Jepang-AS.

F2 mencapai kemampuan manuver yang lebih baik, dengan pengenalan struktur integral menggunakan material komposit dan memaksimalkan lebar sayap. Juga, dengan penggunaan berbagai bahan berteknologi tinggi dan teknologi struktural, kami telah berhasil membuat sayap lebih ringan. 

Di bidang avionik telah dipasang peralatan teknologi terbaru yang berorientasi dalam negeri, seperti sistem peperangan elektronik terintegrasi, dan komputer on-board. Selain itu, Control Configured Vehicle (CCV) dan karakteristik siluman ditingkatkan, menggunakan bahan penyerap gelombang radio, dan melengkapi mesin dengan lebih banyak daya dorong untuk meningkatkan kemampuan lepas landas dan mendarat.

5. Kawasaki P-1

Kawasaki P1

Photo :

Ini merupakan pesawat patroli maritim yang digunakan untuk pengawasan dan patroli yang berkepanjangan dan ekstensif di atas perairan laut. Kawasaki P-1 ini dirancang oleh Kawasaki sebagai pengganti P-3 Orion yang telah beroperasi dengan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang selama beberapa dekade.

Kawasaki P-1 dirancang untuk melakukan misi yang sama seperti kebanyakan pesawat patroli maritim. Di mana ia mampu melakukan pengawasan dan pengintaian jarak jauh di darat dan laut, anti kapal, serangan kapal selam hingga mengumpulkan data intelijen dan melakukan pencarian serta penyelamatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya