4 Agama Mayoritas di Negara Israel, Islam Jadi Kedua Terbanyak

Islam dan Yahudi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Israel merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Barat. Negara ini dikelilingi oleh Laut Tengah dan juga Gurun Pasir Sinai. Selain itu, Israel juga dikelilingi oleh beberapa negara tetangga, seperti Suriah, Lebanon, Yordania. Palestina, dan Mesir juga menjadi negara tetangga Israel. Negara ini semakin dikenal oleh publik dunia setelah konflik dengan Palestina yang tidak kunjung menemui titik terang.  

Prabowo-Erdogan Bahas Potensi Kerja Sama Indonesia-Turki dan Penyelesaian Konflik Palestina

Konflik kedua negara ini sudah berlangsung sejak tahun 1947 silam. Tak jarang kedua negara ini melakukan baku tembak sampai memakan korban jiwa. Hal ini karena Israel berusaha untuk terus menguasai wilayah yang semestinya menjadi hak dari warga Palestina yang notabene menganut agama Islam. Dalam beberapa waktu belakangan, Israel selalu mengusik kedamaian Palestina dengan merayakan peringatan hari keagamaan di Masjid Al Aqsa

Sebab itu, banyak masyarakat muslim di seluruh dunia yang mengutuk tindakan Israel yang ingin menduduki wilayah Palestina. Walaupun Israel terkenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama Yahudi, tapi ada beberapa agama lain yang dianut. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut adalah ulasan tentang agama masyarakat Israel seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Ada Tanaman Menjerit di Israel

1. Yahudi

Yahudi

Photo :
  • U-Report
Atalia dan Ridwan Kamil Tetapkan Syarat Khusus Saat Zara Minta Izin Lepas Hijab, Apa Itu?

Yahudi adalah agama Abrahamiah yang paling banyak dianut oleh masyarakat Israel. Mayoritas penduduk di negara zionis ini menganut agama Yahudi dengan persentase mencapai 74,2 persen dari total populasi atau setara dengan 6,820 juta jiwa menganut agama tersebut. Dengan penganut hampir sepertiga dari penduduk, menjadikan Yahudi sebagai agama utama di Israel. 

2. Islam

Islam dan Yahudi

Photo :
  • U-Report

Islam berhasil menduduki peringkat kedua sebagai agama yang paling banyak dipeluk oleh masyarakat Israel setelah Yahudi. Persentase penduduk Israel yang memeluk agama Islam adalah mencapai 17,8 persen atau setara dengan 1,566 juta jiwa. 

3. Kristen

Gereja Evangelis Reformasi Indonesia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Selain Yahudi dan Islam, banyak pula masyarakat Israel yang menganut agama Kristen. Sehingga menjadikan Kristen sebagai salah satu agama mayoritas yang banyak diyakini oleh masyarakat Israel. Penganut agama Kristen di negara ini mencapai 2 persen dari total penduduk secara keseluruhan atau mencapai 184 ribu jiwa. 

4. Druze atau Daraziyah

ilustrasi agama

Photo :
  • U-Report

Walaupun kepercayaan ini tampak asing, namun Druze atau Daraziyah merupakan sebuah agama yang banyak diyakini oleh penduduk Israel. Komunitas dari agama Daraziyah dikatakan berasal dari negara Mesir dan saat ini sudah menyebar di Israel, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Diperkirakan sebanyak 1,6 persen masyarakat Israel menganut agama ini atau setara dengan 147 ribu jiwa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya