Runyam, Fakta Terkini 100 Hari Lebih Invasi Rusia ke Ukraina

VIVA Militer: Foto serangan drone tempur militer Rusia ke basis pasukan Ukraina
Sumber :
  • interestingengineering.com

VIVA – Invasi Rusia ke Ukraina genap 100 hari pada tanggal 3 Juni 2022 lalu. Pergolakan perang masih terus berlanjut hingga 100 hari lebih sejak mulainya Rusia invasi ke Ukraina.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Gejolak tidak hanya dari dua negara yang berperang saja, tetapi juga melibatkan beberapa negara yang menjadi sekutu kedua negara yang berperang tersebut. Dikutip dari The Guardian disebutkan, berikut informasi mengenai fakta-fakta terkini setelah 100 hari lebih Rusia menginvasi Ukraina sebagai berikut:

  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, mengakui pasukan Rusia memiliki keunggulan dalam pertempuran untuk kota timur Sievierodonetsk, tetapi ia bersikeras bahwa pasukan Ukraina memiliki “setiap kesempatan” untuk melawan. “Di kota, pertempuran jalanan yang sengit terus berlanjut,” katanya dalam pidato nasional terbarunya.
  • Presiden Ukraina juga menyebut pasukan Rusia bermaksud untuk merebut kota Zaporizhzhia, pusat industri besar di tenggara negara itu, yang akan memungkinkan militernya untuk maju lebih dekat ke daerah pusat. “Ada lebih banyak dari mereka, mereka lebih kuat, tetapi kami memiliki setiap kesempatan untuk bertarung ke arah ini,” katanya.
  • Rusia telah mulai menyerahkan mayat pejuang Ukraina yang tewas di pabrik baja Azovstal, pabrik mirip benteng di kota Mariupol yang hancur di mana tempat terakhir mereka menjadi simbol perlawanan terhadap invasi Moskow. Lusinan mayat telah dipindahkan ke Kyiv, di mana tes DNA sedang dilakukan untuk mengidentifikasi jenazah, menurut seorang pemimpin militer dan juru bicara batalion Azov.
LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Kekerasan seksual di Ukraina tetap lazim dan tidak dilaporkan karena invasi Rusia “berubah menjadi krisis perdagangan manusia” menurut PBB. “Perempuan dan anak-anak yang melarikan diri dari konflik menjadi sasaran perdagangan dan eksploitasi”.Pramila Patten, perwakilan khusus PBB untuk kekerasan seksual, mengatakan kepada dewan keamanan PBB pada hari Senin. “Kekerasan seksual adalah pelanggaran yang paling konsisten dan tidak dilaporkan secara masif.”

  • Angkatan Laut Ukraina mengatakan telah mendorong mundur armada kapal perang Rusia lebih dari 100 km dari pantai Laut Hitam. Kelompok kapal Rusia "dipaksa mengubah taktik" setelah melakukan blokade laut di pantai Ukraina selama berminggu-minggu, kata komando angkatan laut angkatan bersenjata Ukraina di Facebook.
  • Menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan Moskow akan menanggapi pengiriman senjata jarak jauh dari barat ke Ukraina dengan mendorong mundur pasukan Kyiv lebih jauh dari perbatasan Rusia.
Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Pernyataan Lavrov datang setelah menteri pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan Inggris akan mengirim artileri roket jarak jauh ke Ukraina, dengan harapan mereka dapat mengganggu artileri Rusia yang terkonsentrasi yang telah menggempur kota-kota di Ukraina timur.

  • Ukraina membutuhkan 60 peluncur roket ganda – lebih banyak dari yang dijanjikan Inggris dan AS sejauh ini , untuk memiliki peluang mengalahkan Rusia, menurut seorang pembantu kepresidenan negara itu. Oleksiy Arestovych.
  • Seorang penasihat militer untuk kepala staf presiden, mengatakan kepada Guardian bahwa meskipun dia yakin peluncur roket adalah “senjata pengubah permainan”, tidak cukup komitmen untuk mengubah arus dalam perang.
  • Antony Blinken, menteri luar negeri AS, mengatakan ada laporan yang kredibel bahwa Rusia "mencuri" ekspor gandum Ukraina untuk dijual demi keuntungannya sendiri. Blinken mengatakan dugaan pencurian itu adalah bagian dari tindakan Rusia yang lebih luas untuk mengekspor tanaman gandum Ukraina dan memperburuk krisis keamanan pangan global.
  • Pihak berwenang AS telah menuduh oligarki Rusia Roman Abramovich mengekspor dua pesawat asal AS ke Rusia tanpa izin. Pesawat Boeing 787-8 Dreamliner dan Gulfstream G650ER diterbangkan pada bulan Maret ke Rusia, yang melanggar sanksi AS yang dikenakan pada Moskow sebagai tanggapan atas invasi ke Ukraina.
  • Keluarga anggota penjaga nasional Rusia yang telah meninggal di Ukraina akan menerima pembayaran satu kali sebesar 5 juta rubel (Setara Rp Rupiaj 1 Milyar lebih), menurut dekrit Kremlin.

Nah, itu fakta-fakta terkini mengenai 100 hari lebih Rusia invansi Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya