Pangeran Saudi Akan Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Bali

Presiden Jokowi Bertemu Menlu Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Alsaud
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Alsaud diterima secara hangat di Istana Merdeka Jakarta, pada Selasa 7 Juni 2022, untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Oleh-oleh G20 Brasil, Sri Mulyani Beberkan Arah Kebijakan Suku Bunga Bank Sentral AS dan Eropa

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengatakan ada beberapa pembahasan, salah satunya mengenai kedatangan Pangeran Faisal secara resmi dalam G20 FMM (pertemuan antar Menlu).

“Saya mengapresiasi komitmen Pangeran Faisal untuk menghadiri G20 FMM bulan depan di Bali. Dan tentunya menantikan kehadiran pemimpin Arab Saudi di KTT G20,” kata Retno dalam keterangan persnya pada Selasa 7 Juni 2022.

Prabowo Ingatkan Indonesia Anggota G20, Jangan Sampai Rakyatnya Hidup Susah

Selain itu, Retno juga mengatakan bahwa Indonesia berterima kasih pada dukungan Arab Saudi terkait Presidensi G20 Indonesia. Dia juga mengharapkan kerja sama yang akan membawa kesuksesan G20 nantinya.

“Di G20, kami menghargai dukungan berkelanjutan dari Arab Saudi terhadap Presidensi G20 Indonesia. Kami berbagi pandangan tentang pentingnya menjaga G20 sebagai katalis untuk pemulihan ekonomi global,” ujar Retno.

Sri Mulyani Bertemu Bos OECD Bahas Keanggotaan Penuh Indonesia

Retno Marsudi juga menambahkan bahwa Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Arab Saudi atas pelaksanaan haji tahun ini karena Indonesia mendapatkan kuota haji paling besar di tahun ini.

"Indonesia mendapatkan kuota terbesar lebih dari 100 ribu, tepatnya adalah 100.051 orang. Dengan membaiknya situasi pandemi, tentunya harapan kita semua umat Islam seluruh dunia adalah di masa mendatang kuota ini akan terus ditingkatkan," jelasnya.

Dalam pernyataan, Retno mengatakan pertemuan dengan Arab Saudi ini merupakan pertemuan yang ketiga kalinya dalam enam bulan terakhir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya