Aljazair Tangguhkan Perjanjian Persahabatan dengan Spanyol, Ada Apa?

Protes massa di Aljazair terhadap pemimpin negaranya pada tahun 2019
Sumber :
  • AP Photo/Fateh Guidoum

VIVA – Aljazair telah menangguhkan perjanjian persahabatan, hubungan bertetangga baik, dan kerja sama yang telah berusia 20 tahun dengan Spanyol, menurut laporan media pemerintah negara itu pada Rabu (8/6).

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Sejauh ini belum ada alasan yang disampaikan atas keputusan tersebut, yang diambil oleh dewan keamanan tertinggi Aljazair.

Ketegangan membara antara Aljazair dan Madrid atas komentar Spanyol baru-baru ini mengenai Sahara Barat. Spanyol telah bersikap lebih dekat kepada Maroko terkait konflik di Sahara Barat.

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Pada April, gerakan kemerdekaan Sahara Barat Front Polisario yang didukung Aljazair mengatakan pihaknya memutuskan hubungan dengan Spanyol setelah Madrid mendukung rencana Maroko memberikan otonomi kepada bekas jajahan Spanyol itu.

Aljazair adalah pemasok utama gas ke Spanyol. Aljazair diperkirakan akan meninjau harga untuk setiap kontrak gas baru dengan perusahaan Spanyol, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Aljazair dan Spanyol saat ini memiliki kontrak gas jangka panjang dengan harga jauh di bawah tingkat pasar sekarang ini, kata narasumber yang enggan disebutkan namanya kepada Reuters. (Ant/Antara)

Warga Spanyol Solidaritas dengan Palestina di Tengah Serangan Israel di Gaza

Solidaritas Palestina, Ribuan Warga Spanyol Turun ke Jalan Desak Pemerintah Boikot Israel

Ribuan orang di Spanyol turun ke jalan selama akhir pekan untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina di tengah serangan Israel

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024