Kanada Wajibkan Cetak Peringatan Kesehatan di Setiap Batang Rokok

Ilustrasi merokok.
Sumber :
  • www.autoguide.com

VIVA – Kanada siap menjadi negara pertama di dunia yang mewajibkan setiap batang rokok untuk mencantumkan peringatan. Langkah ini didasarkan pada mandat Kanada untuk menyertakan peringatan foto grafis pada kemasan produk tembakau.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Melansir dari The Guardian, Senin 13 Juni 2022, sebuah kebijakan ini yang memulai tren internasional ketika diperkenalkan pada dua dekade lalu.

“Kita perlu mengawasi kekhawatiran bahwa pesan-pesan ini mungkin telah kehilangan kebaruannya, dan sampai batas waktu tertentu tertentu kita khawatir bahwa pesan-pesan ini mungkin juga kehilangan dampaknya,” kata Menteri Kesehatan Mental dan Kecanduan Kanada Carolyn Bennett dalam konferensi pers.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Peringatan bahaya merokok.

Photo :
  • The Star

“Menambahkan peringatan kesehatan pada produk tembakau individu akan membantu memastikan bahwa pesan-pesan penting ini menjangkau orang-orang, termasuk kaum muda yang sering mengakses rokok satu per satu dalam situasi sosial, dan menghindari informasi yang tercetak pada kemasan,” tambahnya.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Sementara pesan yang nantinya tercetak pada setiap batang rokok bisa berubah, namun Bennett mengatakan bahwa saat ini pesan tersebut adalah ‘Racun Dalam Setiap Isapan’.

Bennett juga mengungkapkan peringatan untuk diperluas untuk bungkus rokok yang mencakup daftar efek pada kesehatan jika merokok dalam jangka panjang, termasuk gangguan kesehatan seperti kanker perut, kanker kolorektal, diabetes, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Kanada telah mewajibkan peringatan foto sejak pergantian milenium, tetapi gambar tersebut belum diperbarui dalam satu dekade. Rob Cunningham seorang analisis kebijakan senior di Canadian Cancer Society mengatakan, dia berharap peringatan yang dicetak langsung pada rokok menjadi populer secara internasional.

“Ini akan menjadi preseden dunia,” katanya, seraya menambahkan bahwa tidak ada negara lain yang menerapkan peraturan seperti itu.

Tips berhenti merokok.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dia berharap peraturan itu akan membuat perbedaan nyata. “Ini adalah peringatan yang tidak bisa anda abaikan begitu saja. Ini akan menjangkau setiap perokok, dengan setiap isapan,” tuturnya.

Langkah ini juga mendapat pujian dari Geoffrey Fong seorang profesor di Universitas Waterloo dan peneliti utama dari Proyeksi Evaluasi Kebijakan Pengendalian Tembakau Internasional.

“Ini adalah intervensi yang sangat berpotensi kuat yang akan meningkatkan dampak peringatan kesehatan,” kata Fong.

Di Kanada tingkat merokok terus menurun selama bertahun-tahun. Data terbaru dari Statistics Canada yang dirilis pada bulan lalu, menunjukan 10 persen orang Kanada tidak merokok lagi secara teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya