Erdogan Mempan Bicara dengan Putin lalu Zelensky Demi Ekspor Pangan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/HO-Presidential Press Office

VIVA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu 12 Juni 2022 mengatakan dia berencana untuk mengadakan pembicaraan dengan presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Ukraina Presiden Volodymyr Zelensky.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Melansir dari Tass, Selasa 14 Juni 2022, pertemuan tersebut untuk membahas ekspor biji-bijian yang aman dari Ukraina.

 "Ada perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia, dan kami tahu bahwa sebagian besar produk pertanian berasal dari negara-negara ini," kata Erdogan dalam video pertemuannya dengan pemuda Turki yang dirilis oleh kantor kepresidenan Turki.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

"Pada tahap ini, kami tidak memiliki masalah dengan ini, kami memiliki 5 juta ton gandum di gudang kami, tetapi kami ingin meningkatkan volume ini,” tambahnya.

Erdogan menjelaskan bahwa pihaknya akan berkontribusi secara langsung untuk memastikan ekspor tersebut dapat berjalan aman.

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

 “Kami akan ambil bagian dalam pekerjaan (menciptakan koridor yang aman untuk pengiriman produk pertanian, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk negara ketiga,” ujarnya.

Selain itu, Erdogan menambahkan bahwa negosiasi sedang berlangsung. Dalam minggu mendatang Turki akan berdiskusi dengan Zelensky dan Putin mengenai langkah apa yang bisa diambil terkait ekspor biji-bijian tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan Moskow siap untuk menjamin ekspor biji-bijian tanpa hambatan jika Ukraina membersihkan pelabuhan tambangnya sendiri.

Putin juga mengatakan bahwa ia dapat mengatur ekspor melalui pelabuhan yang dikendalikan oleh pihak Rusia yakni pelabuhan Berdyansk dan Mariupol.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya