Tidak Diduga, Ini 7 Negara Maju di Benua Afrika

Peta Benua Afrika.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/

VIVA – Benua Afrika sering di pandang sebelah mata karena stigma mengenai hal-hal terbelakang. Tetapu sebenarnya Benua Afrika merupkan benua yang kaya akan sumber daya alam. Tidak mengherankan ternyata sejumlah negara di Benua ini memiliki nilai produk domestik bruto yang cukup besar.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Menurut African Economic Outlook, seperti yang dikutip dari African Exponent, PDB di Afrika di proyeksi tumbuh sebesar 3,4 persen pada tahun 2021 setelah sebelumnya pada 2020, hanya mencapai 2,1 persen.

Viva kali ini merangkum negara-negara maju di Benua Afrika ari berbagai sumber, landasan dasar ialah dengan pertumbuhan ekonomi dan keamanan yang tinggi sebagai berikut:

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. Nigeria

Nigeria negara paling mahal bagi para ekspatriat.

Photo :
  • Businessinsider.com
7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Nigeria, tercatat sebagai negara dengan PDB tertinggi tahun 2021. PDB Nigeria tahun 2021 mencapai US$514 miliar. Penguatan sumber utama PDB Nigeria ditelisik berasal dari sektor migas.

Dari sektor migas, Nigeria dapat meningkatkan pendapatan 10 persen dari total PDB negara dan 80 persen pendapatan dari sektor ekspor. Sektor lain yang turut mendorong pesatnya pertumbuhan PDB Nigeria adalah pariwisata, transportasi, infrastruktur, perdagangan, dan industri.

Dengan nilai PDB tersebut, tidak hanya bisa disebut sebagai negara termaju, Nigeria bisa dianggap sebagai negara paling kaya di Benua Afrika.

2. Afrika Selatan

Second Beach, Port St. Johns, Afrika Selatan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Negara di benua Afrika ini merupakan salah satu wilayah yang familiar di mata dunia, reputasinya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010.

Sebelum dikenal sebagai tuan rumah Piala Dunia, Afrika Selatan juga merupakan salah satu penghasil emas terbesar di dunia. Komoditi lainnya seperti kromium, batu bara, bijih besi, nikel, timah, berlian juga mengubah devisa besar untuk negara ini.

3. Libya

Danau Ubari, Libya.

Photo :
  • http://amazingsphere.blogspot.com

Libya menjadi salah satu Negara Maju yang ada di Benua Hitam (Afrika) dengan ibukota yang berada di Kota Tripoli. Negara ini adalah bekas jajahan Negara Italia (pada perang dunia ke-2) yang merdeka setelah Italia menyerah kepada sekutu.

Sumber Kakayaan Negara Libya berasal dari Cadangan Minyak Bumi yang terbesar ke-10 dari seluruh Negara yang ada di dunia, Selain itu juga Negara Libya memiliki produksi minyak tertinggi ke-17 dari Negara-Negara di Dunia, sehingga Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manausia (IPM). ) yang tertinggi di Afrika dan juga memiliki PDB (PPP) per kapita terbaik yang ada di Benua Afrika.

Akan tetapi pada saat Negara Libya telah mengalami Kebangrutan Negara Libya sehingga tidak lagi digolongkan sebagai Negara Maju, Kabangrutan yang dialami oleh Negara Libya karena adanya Perang Antar Saudara yang memperebutan Kekuasaan, parang ini terjadi pada tahun Februari sampai dengan Bulan Oktober 2011.

4. Mesir

Piramida Mesir

Photo :
  • Pixabay

Mesir mencatat PDB sebesar US$394 miliar, naik tipis dibanding tahun lalu yang berada di angka US$361 miliar.

Peningkatan PDB dari negara dengan penduduk terpadat ketiga di Afrika ini berasal dari sektor teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang. Sektor lain yang mendukung PDB Mesir yakni ekspor migas, pariwisata, perdagangan, infrastruktur, dan properti.

5. Angola

Timnas Angola

Photo :
  • Super Sport

Negara ini berada di wilayah Afrika Barat daya dengan daratan yang cukup luas, bahkan melebihi Kalimantan.

Perekonomian Angola cukup maju karena mengandalkan bauksit, tembaga, emas maupun bijih besi. Selain bijih besi dan emas, terdapat cadangan uranium seperti di Indonesia.

6. Aljazair

Protes massa di Aljazair terhadap pemimpin negaranya pada tahun 2019

Photo :
  • AP Photo/Fateh Guidoum

Menurut data IMF, PDB Aljazair tahun 2021 mencapai US$151 miliar. Angka tersebut naik tipis dibanding tahun 2020 sebesar US$144 miliar. Namun, jika dibandingkan PDB pada tahun 2019 yang mencapai US$171 miliar, PDB tahun ini menurun cukup tajam.

PDB Aljazair mengandalkan sumber migas. Sektor migas menghasilkan hampir 60 persen pendapatan negara.

Meski begitu, sektor lain juga memiliki peranan penting dalam peningkatan PDB negara. Selain migas, sektor lain yang memiliki peranan penting di antaranya, industri, jasa, dan konstruksi pertanian.

7. Maroko

Maroko.

Photo :
  • U-Report

IMF mencatat PDB Maroko tahun ini mencapai US$124 miliar. Angka PDB ini naik drastis dibanding tahun lalu yang hanya US$13 miliar. Maroko menjadi satu negara Afrika yang tidak bergantung pada sektor migas untuk meningkatkan negara.

Alih-alih sektor migas, perekonomian sebagian besar dikelola oleh sektor pertambangan dan manufaktur. Maroko dikenal sebagai produsen fosfor terbesar ketiga di dunia. Sektor lain yang turut mendukung peningkatan PDB yakni pertanian, industri, dan pariwisata.

Nah, itu 7 negara di Benua Afrika yang dapat dikatakan sebagai Negara Maju dengan pertumbuhan ekonomi dan sumber daya alam yang melesat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya