Cacar Monyet Menyebar ke Negara di Luar Afrika, WHO Mulai Ketar-ketir

Cacar monyet
Cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengadakan komite ahli darurat untuk menentukan apakah wabah cacar monyet yang meluas di luar Afrika harus dianggap sebagai darurat kesehatan global.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pada Selasa 14 Juni 2022, bahwa ia memutuskan untuk mengadakan komite darurat pada 23 Juni 2022 mendatang, karena virus tersebut telah menunjukkan perilaku yang "tidak biasa," dengan menyebar di negara-negara jauh di luar bagian Afrika di mana virus itu harusnya berada di negara endemik.

 "Kami percaya bahwa itu juga memerlukan beberapa tanggapan terkoordinasi, karena penyebaran geografis," katanya kepada wartawan, dikutip dari AP, Rabu 15 Juni 2022.

Logo WHO.

Logo WHO.

Photo :
  • WHO

Mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan internasional akan memberinya sebutan yang sama dengan pandemi COVID-19, dan berarti WHO menganggap penyakit itu sebagai ancaman berkelanjutan bagi negara-negara secara global.

Inggris mengatakan sebelumnya pada Senin 13 Juni 2022, bahwa pihaknya memiliki 470 kasus cacar monyet di seluruh negeri, dengan sebagian besar penderitanya adalah pria gay atau biseksual. Ilmuwan Inggris mengatakan pekan lalu mereka tidak tahu apakah penyebaran penyakit di Inggris telah mencapai puncaknya.

Pertemuan para ahli dari luar juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang virus tersebut, kata Tedros, ketika WHO merilis pedoman baru tentang vaksinasi cacar monyet.