Wow, China Luncurkan Kapal Induk Tercanggih untuk Perang

Peluncuran kapal perang Fujian, China.
Sumber :
  • CCTV

VIVA – Media pemerintah China melaporkan negaranya telah meluncurkan kapal perang terbaru dan tercanggih dalam upacara singkat namun meriah pada Jumat pagi 17 Juni 2022, di galangan kapal China State Shipbuilding Corporation (CSSC), Shanghai di mana kapal itu telah dibangun sejak 2018.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

"Setelah sertifikat penamaan diserahkan kepada komandan Fujian, pita dipotong untuk meresmikan peluncuran dan kapal meninggalkan dermaga," kata media Global Times yang dikelola pemerintah.

Fujian adalah kapal induk pertama yang dikembangkan sepenuhnya di dalam negeri China, dan menggunakan ketapel elektromagnetik, dan perangkat penahan untuk memungkinkan pesawat lepas landas dan mendarat di deknya. Kapal itu memiliki bobot lebih dari 80.000 ton.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Melansir dari Al Jazeera, Jumat 17 Juni 2022, Fujian sekarang akan memulai uji coba tambatan dan laut. Peluncuran Fujian adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk memodernisasi Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA Navy), yang telah memiliki dua kapal induk yang berfungsi penuh, yakni Liaoning era Soviet dan Shandong buatan dalam negeri yang desainnya didasarkan pada Liaoning.

Fujian dan kapal induk keempat, yang juga sedang dibangun berukuran lebih besar dan mampu membawa lebih banyak pesawat daripada dua kapal yang ada. South China Morning Post melaporkan pada Maret tahun lalu bahwa kapal induk keempat mungkin bertenaga nuklir.

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan

Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) mengatakan awal pekan ini bahwa Fujian akan diluncurkan. Beijing berbagi citra satelit yang menunjukkan dok kering yang menahan Fujian telah kebanjiran dan bendera panji digantung di sepanjang dek penerbangan kapal.

Ilustrasi hacker.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Amerika Serikat pada Senin, 25 Maret 2024 mengumumkan penuntutan terhadap tujuh warga negara China atas tuduhan melakukan kampanye peretasan jahat yang disponsori negara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024