Sinyal Ukraina Gabung ke UE Menguat, Zelensky: Menuju Kemenangan

Perang Rusia-Ukraina: Truk tentara Rusia terlihat di Ukraina Timur
Perang Rusia-Ukraina: Truk tentara Rusia terlihat di Ukraina Timur
Sumber :
  • AP Photo

VIVA – Badan eksekutif Uni Eropa merekomendasikan untuk menempatkan Ukraina bergabung. Manuver dukungan Barat lain dipertunjukan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv untuk menawarkan bantuan lanjutan dan pelatihan militer.

Pelukan terbaru dari sekutu Eropa di Ukraina menandai kemunduran lain bagi Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebab, Putin ingin menarik tetangga itu agar menjauh dari Barat dan kembali ke lingkungan pengaruh Rusia.

Pada forum ekonomi pameran Rusia di St. Petersburg pada Jumat, Putin mengatakan Moskow tidak menentang Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa. "Karena itu bukan organisasi militer, organisasi politik seperti NATO," kata Putin.

Dia juga mengulangi pembelaan perangnya memerangi Ukraina. Putin juga mengklaim perlunya melindungi orang-orang di bagian timur Ukraina yang dikendalikan pemberontak yang didukung Moskow dan untuk memastikan keamanan Rusia sendiri.

Sementara, perjalanan Johnson ke Kyiv pada Kamis 16 Juni 2022, diikuti oleh para pemimpin Jerman, Prancis, Italia, dan Rumania, yang berjanji untuk mendukung Ukraina tanpa memintanya untuk membuat konsesi teritorial apa pun ke Rusia.

“Kami bersama Anda untuk memberi Anda daya tahan strategis yang Anda perlukan,” kata Johnson pada kunjungan keduanya ke negara itu, dikutip dari AP, Minggu 19 Juni 2022.

VIVA Militer: Pasukan Muslim Chechnya di Ukraina

VIVA Militer: Pasukan Muslim Chechnya di Ukraina

Photo :
  • europeanconservative.com