Eropa Alami Cuaca Panas Ekstrem, Suhu Capai 42 Derajat Celsius

Temperatur di Prancis mencapai 40 derajat celsius.
Sumber :
  • AP Photo/Michel Euler

VIVA – Spanyol, Prancis, dan negara-negara Eropa Barat lainnya mengalami cuaca terik di bawah gelombang panas pada bulan Juni. Gelombang panas di negara Eropa telah memicu kebakaran hutan dan kekhawatiran akan ledakan suhu yang ekstrem.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Kota Biarritz di barat daya Prancis, salah satu resor tepi laut yang paling dicari di negara itu, mengalami suhu tertinggi sepanjang masa pada hari Sabtu, yakni 41 derajat Celcius, kata peramal negara Meteo France. Antrean ratusan orang dan kemacetan lalu lintas terbentuk di luar taman rekreasi air di Prancis. Orang-orang yang berkunjung untuk melihat air sebagai satu-satunya perlindungan dari cuaca panas.

"Suhu di Prancis bisa mencapai 42 derajat Celcius di beberapa daerah," kata Meteo France, dikutip dari Channel News Asia, Senin 20 Juni 2022.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Dia juga menambahkan bahwa rekor cuaca terik pada bulan Juni telah dikalahkan di 11 daerah pada Jumat 17 Juni 2022. "Ini adalah gelombang panas paling awal yang pernah tercatat di Prancis sejak 1947," ujar Matthieu Sorel ahli iklim di Meteo France.

"Banyak rekor suhu bulanan atau bahkan sepanjang masa yang kemungkinan besar akan dikalahkan di beberapa wilayah. Cuaca ini sebagai penanda perubahan iklim," tambahnya.

Ditambah Atletico Madrid, 22 Klub Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Arraiza, utara Spanyol.

Photo :
  • AP Photo/Sergio Martin.

Kebakaran hutan juga terjadi di Spanyol pada hari Sabtu, yang telah membakar hampir 20.000 hektar lahan di wilayah barat laut Sierra de la Culebra. Api memaksa beberapa ratus orang meninggalkan rumah mereka, dan 14 desa dievakuasi.

Petugas pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan api di beberapa wilayah lain, termasuk hutan di Catalonia. Ada juga kebakaran di Jerman, di mana suhu diperkirakan akan mencapai 40 derajat Celcius pada hari Sabtu, meskipun hanya mencapai 36 derajat Celcius. 

Kebakaran di wilayah Brandenburg di sekitar Berlin juga telah menyebar di sekitar 60 hektare pada Jumat malam.

Pihak berwenang Belanda mengatakan bahwa mereka memperkirakan pada Sabtu 25 Juni 2022, akan menjadi hari terpanas sepanjang tahun sejauh ini. Inggris mencatat hari terpanas sepanjang tahun jatuh pada Jumat 24 Juni 2022, dengan suhu mencapai lebih dari 30 derajat Celcius pada sore hari, kata ahli meteorologi.

"Saya pikir saat ini orang-orang hanya menikmatinya, tetapi jika menjadi lebih panas dari ini, menurut saya maka itu menjadi perhatian," kata Claire Moran, seorang editor di London.

Warga Inggris memenuhi Pantai Bournemouth, Inggris.

Photo :
  • Andrew Matthews/PA via AP

Beberapa kota di Italia utara telah mengumumkan penjatahan air dan wilayah Lombardy mengumumkan keadaan darurat karena rekor kekeringan mengancam panen mereka. Sapi perah Italia juga hanya mengeluarkan susu 10 persen lebih sedikit, kata asosiasi pertanian utama Coldiretti.

Dengan suhu jauh di atas iklim ideal, hewan meminum air hingga 140 liter per hari. Ini merupakan dua kali lipat asupan normal mereka, dan produksi lebih sedikit karena hewan mengalami stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya