Dewan Negara China Tetapkan Perangkat Pemerintahan Hong Kong

Balai Agung Rakyat di Beijing yang menjadi tempat sidang parlemen China.
Sumber :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie

VIVA – Dewan Negara China di Beijing menetapkan perangkat pemerintahan Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) periode keenam di bawah kepemimpinan Kepala Eksekutif John Lee Ka Chiu untuk lima tahun ke depan.

Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan, AS Sebut Mereka sebagai Sumber Kejahatan

Dalam pengangkatan 26 pejabat Hong Kong pada Minggu (19/6) tersebut terdapat pejabat veteran Eric Chan Kwok Ki yang akan menempati pos barunya sebagai sekretaris utama dan Paul Chan Mo Po sebagai sekretaris keuangan.

Erick Tsang Kwok Wai akan tetap sebagai sekretaris Urusan Konstitusi dan China Daratan, sedangkan Chris Tang Ping Keung tetap menjabat sekretaris keamanan.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Penasihat Senior Paul Lam Ting Kwok yang merupakan mantan ketua Asosiasi Pengacara akan menggantikan Teresa Cheng Yeuk Wah sebagai sekretaris kehakiman yang baru dibentuk.

Di jajaran perangkat pemerintahan terdapat enam pejabat perempuan sehingga formasinya menjadi 25 persen dalam struktur yang baru itu.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

John Lee yang terpilih dalam pemilihan umum pada Mei lalu itu akan dilantik sebagai kepala eksekutif pada 1 Juli mendatang menggantikan Carrie Lam.

Pelantikan mantan sekretaris utama dan mantan kepala kepolisian tersebut bersamaan dengan peringatan 25 tahun kembalinya Hong Kong ke China daratan.(Ant/Antara)

Presiden AS Joe Biden bersama Presiden China, Xi Jinping.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Pihak China pada pekan lalu mengeluarkan teguran keras kepada Amerika Serikat, setelah Ketua DPR AS Mike Johnson mengeluarkan pernyataan kontroversial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024