5 Fakta di Balik Hilangnya Michael Rockfeller Di Tanah Papua

Pulau Papua
Sumber :
  • lediknas.com

VIVA – Michael Rockfeller merupakan antropolog yang sudah sering bepergian, seperti tinggal di Jepang dan Venezuela selama berbulan-bulan, dan saat itu dia mendambakan sesuatu yang baru, yaitu ingin memulai ekspedisi antropologis ke tempat yang jarang dilihat orang.

Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah

Setelah berkonsultasi dengan Museum Etnologi Nasional Belanda, Michael memutuskan untuk melakukan perjalanan ke wilayah yang dikenal sebagai Nugini Belanda (kini Papua). Ia pergi ke sana dengan niat untuk mengumpulkan kesenian orang Asmat yang tinggal di sana.

Tapi Sosok Michael Rockfeller  hilang saat kejadian nahas menimpanya. Penasaran kejadian-kejadian apa? VIVAmerangkumnya dari berbagai sumber mengenai di balik hilangnya Michael Rockfeller  sebagai berikut:

Amnesty International Sebut Pelanggaran HAM di RI Semakin Buruk, Aparat Paling Banyak Terlibat

1. Ekspedisi Pertama Ke Asmat

Pesona Karya Seni Suku Asmat

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy
Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Pada 1960-an, otoritas kolonial Belanda dan misionaris sudah berada di pulau itu selama hampir satu dekade, tetapi banyak orang Asmat belum pernah melihat orang kulit putih.

Dengan kontak yang sangat terbatas dengan dunia luar, suku Asmat percaya bahwa tanah di luar pulau mereka dihuni oleh makhluk halus, dan ketika orang kulit putih datang dari seberang laut, mereka melihat mereka sebagai semacam makhluk gaib.

Michael Rockefeller dan tim peneliti dan pembuat dokumenternya sangat penasaran dengan desa Otsjanep, rumah bagi salah satu komunitas utama Asmat di pulau Papua.

Penduduk setempat tidak mengizinkan peneliti kulit putih untuk membeli artefak budaya, seperti tiang bisj, pilar kayu berukir rumit yang berfungsi sebagai bagian dari ritual dan ritual keagamaan Asmat.

Michael merasakan ha itu sebagai pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat Barat dan dia lebih ingin membawa dunia barat ke mereka.

Pada saat itu, perang antar desa biasa terjadi, dan Michael mengetahui bahwa prajurit Asmat sering mengambil kepala musuh mereka dan memakan daging mereka. Di daerah-daerah tertentu, laki-laki Asmat akan melakukan ritual seks homoseksual, dan dalam ritual ikatan, mereka terkadang saling minum air seni.

2. Perjalanan Terakhir Ke Asmat

Pesona Karya Seni Suku Asmat

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Michael Rockefeller berangkat sekali lagi ke New Guinea pada tahun 1961, kali ini ditemani oleh Rene Wassing, seorang antropolog pemerintah Belanda.

Saat perahu mereka mendekati Otsjanep pada 19 November 1961, badai tiba-tiba membuat air geram. Perahu terbalik, meninggalkan Michael dan Wassing dengan menempel di lambung kapal yang terbalik.

Meskipun mereka berada 12 mil dari pantai, Michael dilaporkan memberi tahu antropolog lain, "Saya pikir saya bisa melakukannya" dan dia melompat ke air.

3. Hilang Begitu Saja

Pameran budaya kerajinan Suku Asmat di Kota Milan, Italia.

Photo :
  • KBRI Roma

Rockefeller  merpakan orang kaya dan kuat secara politik, keluarga nya pun memastikan berusaha untuk menemukannya. Kapal, pesawat terbang, dan helikopter menjelajahi wilayah itu, mencari Michael atau beberapa tanda nasibnya. Bahkan Bapak nya, Nelson Rockefeller dan istrinya terbang ke Papua untuk membantu mencari putra mereka.

Terlepas dari upaya mereka, mereka tidak dapat menemukan tubuh Michael. Setelah sembilan hari, menteri dalam negeri Belanda menyatakan, "Tidak ada lagi harapan untuk menemukan Michael Rockefeller hidup-hidup."

Meskipun keluarga Rockefeller masih berpikir ada kemungkinan Michael akan muncul, mereka meninggalkan pulau itu. Dua minggu kemudian, Belanda membatalkan pencarian. Penyebab resmi kematian Michael Rockefeller dinyatakan sebagai tenggelam.

Hilangnya Michael Rockefeller secara misterius menjadi perbincangan media. Rumor menyebar di surat-surat kabar. Beberapa mengatakan dia pasti telah dimakan oleh hiu saat berenang ke pulau itu. Yang lain mengklaim dia tinggal di suatu tempat di hutan New Guinea, melarikan diri dari kurungan eksistensi dan kekayaannya.

Belanda membantah semua rumor ini, mengatakan bahwa mereka tidak dapat menemukan apa yang terjadi padanya. Dia menghilang begitu saja tanpa jejak.

4. Kasus Dibuka Kembali

Pada tahun 2014, Carl Hoffman, seorang reporter National Geographic, mengungkapkan dalam bukunya Savage Harvest: A Tale of Cannibals, Colonialism and Michael Rockefeller's Tragic Quest for Primitive Art bahwa banyak penyelidikan Belanda terhadap masalah tersebut menghasilkan bukti bahwa Asmat membunuh Michael.

Dua misionaris Belanda di pulau itu, keduanya telah tinggal di antara suku Asmat selama bertahun-tahun dan berbicara dalam bahasa mereka, mengatakan kepada pihak berwenang setempat bahwa mereka telah mendengar dari Asmat bahwa beberapa dari mereka telah membunuh Michael Rockefeller.

Petugas polisi yang dikirim untuk menyelidiki kejahatan pada tahun berikutnya, Wim van de Waal, sampai pada kesimpulan yang sama dan bahkan menghasilkan tengkorak yang diklaim orang Asmat milik Michael Rockefeller.

Semua laporan ini dikubur dalam file rahasia dan tidak diselidiki lebih lanjut. Keluarga Rockefeller diberitahu bahwa tidak ada rumor bahwa putra mereka telah dibunuh oleh penduduk asli.

Pada tahun 1962, Belanda telah kehilangan setengah dari pulau itu kepada negara baru Indonesia. Mereka takut jika diyakini mereka tidak bisa mengendalikan penduduk asli, mereka akan segera digulingkan.

5. Bagaimana Michael Rockefeller Meninggal Di Tangan Kanibal

suku asmat

Photo :

Ketika Carl Hoffman memutuskan untuk menyelidiki klaim kasus berusia 50 tahun ini, ia memulai dengan melakukan perjalanan ke Otsjanep. Di sana, menyamar sebagai jurnalis yang mendokumentasikan budaya orang Asmat, penerjemahnya mendengar seorang pria mengatakan kepada anggota suku yang lain untuk tidak membahas turis Amerika yang meninggal di sana.

Ketika penerjemah, atas desakan Hoffman, bertanya siapa pria itu, dia diberitahu bahwa itu adalah Michael Rockefeller. Dia mengetahui bahwa sudah menjadi rahasia umum di pulau itu bahwa orang Asmat di Otsjanep membunuh seorang pria kulit putih dan itu tidak boleh disebutkan karena takut akan aksi pembalasan.

Pada tahun 1957, hanya tiga tahun sebelum Rockefeller pertama kali mengunjungi pulau itu, pembantaian terjadi antara dua suku Asmat: desa Otsjanep dan Omadesep membunuh puluhan orang satu sama lain.

Pemerintah kolonial Belanda, yang baru saja menguasai pulau itu, berusaha menghentikan kekerasan. Mereka pergi untuk melucuti senjata suku Otsjanep yang terpencil, tetapi serangkaian kesalahpahaman budaya mengakibatkan Belanda melepaskan tembakan ke Otsjanep.

Dalam pertemuan pertama mereka dengan senjata api, desa Otsjanep menyaksikan empat jeus mereka, pemimpin perang, ditembak dan dibunuh.

Menurut misionaris Belanda yang pertama kali mendengar cerita itu, orang-orang suku itu awalnya mengira Michael adalah buaya tetapi ketika dia mendekat, mereka mengenalinya sebagai seorang pria kulit putih seperti penjajah Belanda.

Sial bagi Michael, orang-orang yang ditemuinya adalah jeus sendiri dan anak-anak dari mereka yang dibunuh oleh Belanda.

Salah satu dari mereka dilaporkan berkata, “Orang-orang Otsjanep, Anda selalu berbicara tentang tuan pembantaian. Nah, inilah kesempatanmu.”

Meskipun mereka ragu-ragu, sebagian besar karena takut, mereka akhirnya menusuk dan membunuhnya.

Kemudian mereka memotong kepalanya dan membelah tengkoraknya untuk memakan otaknya. Mereka memasak dan memakan sisa dagingnya. Tulang pahanya diubah menjadi belati, dan tulang kering nya dibuat menjadi titik tombak untuk memancing.

Darahnya diambil dan para anggota suku membasahi diri mereka di dalamnya saat mereka melakukan tarian ritual dan tindakan seks.

Sesuai dengan teologi mereka, orang-orang Otsjanep percaya bahwa mereka sedang memulihkan keseimbangan dunia. “Suku orang kulit putih” telah membunuh empat dari mereka, dan sekarang mereka menerima balasan. Dengan memakan tubuh Michael Rockefeller, mereka dapat menyerap energi dan kekuatan yang telah diambil dari mereka.

6. Mengubur Rahasia Kematian Michael Rockefeller

Tidak lama kemudian desa Otsjanep menyesali keputusan itu. Pencarian setelah pembunuhan Michael Rockefeller sangat menakutkan bagi orang Asmat, yang sebagian besar belum pernah melihat pesawat atau helikopter sebelumnya.

Segera setelah peristiwa ini, wilayah tersebut juga dilanda wabah kolera yang mengerikan yang oleh banyak orang dianggap sebagai balasan atas pembunuhan itu.

Suatu hari ketika Hoffman berada di desa, tak lama sebelum dia kembali ke AS, dia melihat seorang pria menirukan pembunuhan sebagai bagian dari cerita yang dia ceritakan kepada pria lain.

Suku itu berpura-pura menombak seseorang, menembakkan panah, dan memenggal kepala. Mendengar kata-kata yang berkaitan dengan pembunuhan, Hoffman mulai memfilmkan, tetapi ceritanya sudah berakhir.

Nah, itu infromasi mengenai hilanganya di tanah Papua yang dapat Viva berikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya