Presiden Ukraina Zelensky dan Jokowi akan Hadiri KTT G7 di Jerman

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.
Sumber :
  • Ludovic Marin, Pool via AP

VIVA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dikabarkan akan ikut menghadiri pertemuan KTT G7 di Istana Elmau, Garmisch Partenkirchen, Bayern, Jerman yang akan diselenggarakan pada 26 hingga 28 Juni mendatang. 

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Hal ini dikabarkan langsung oleh Kanselir Jerman dalam akun twitternya tertanggal 16 Juni 2022. Pascapertemuan dengan Zelensky di Kiev, Ukraina, Kanselir Jerman,  Olaf Scholz dalam cuitnya mengatakan ia berterima kasih pada Presiden Ukraina, Zelensky yang akan memenuhi undangan untuk menghadiri pertemuan KTT G7. 

Para pemimpin negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G7).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Brendan Smialowski
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Ia juga berterima kasih kepada Zelensky atas penerimaan kunjungannya bersama Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Hal ini banyak menimbulkan pertanyaan, karena Zelensky tidak pernah meninggalkan negaranya sejak Ukraina diserang oleh Rusia sejak 24 Feburari 2022.

Pertemuan tingkat tinggi negara negara G7 tahun ini kembali dilaksanakan di Jerman, dimana presidensi G7 tahun ini dipegang oleh Jerman. 

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Negara negara G7 yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Italia,  Jerman, Jepang, Kanada dan Perancis juga mengundang negara negara mitra strategis. Tahun ini, Indonesia diundang untuk hadir dalam KTT G7. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan tersebut. Selain Indonesia, negara negara yang juga diundang untuk hadir adalah India, Afrika Selatan dan Senegal.

Pengamanan KTT G7

Jelang pertemuan KTT G7, Jerman memperketat perbatasan. Pada kondisi normal, warga Uni Eropa atau turis yang memiliki visa Schaengen tidak diperiksa saat melewati perbatasan keluar maupun masuk negara negara anggota Schaengen.  

Namun untuk pengamanan G7, sejak 13 Juni, Jerman memberlakukan pengetatan dengan pemeriksaan paspor bagi mereka yang melintasi perbatasan, hingga 3 Juli 2022 saat  hajat akbar KTT G7 usai. Juru bicara kementrian dalam negeri Jerman mengatakan, pemeriksaan ini akan diperketat bagi para pelintas batas yang melewati  darat laut dan udara.

Jerman mengerahkan 18.000 personel dari kepolisian untuk mengamankan jalannya KTT G7. Kota besar terdekat dari Garmisch Partenkirchen adalah Munich atau Muenchen. 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bersama para pemimpin Uni Eropa.

Photo :
  • Ludovic Marin, Pool via AP

Menyambut kedatangan para kepala negara, polisi Munich telah mengumumkan penutupan berbagai jembatan, terowongan dan ruas jalan utama kota Muenchen pada hari hari KTT G7 berlangsung, terutama jalur dari Bandara menuju kota Garmisch Partenkirchen. Berbagai atruan ketat dikenakan bagi awak media, polisi dan delegasi yang mendapatkan akreditasi masuk ke area KTT G7, termasuk harus menunjukkan hasil PCR negatif. 

Delagasi dan awak media tidak diperkenankan membawa kendaraan ke kota Garmisch Partkenkirchen kecuali kendaraan teknis. Tempat parkir disediakan di stasiun kereta api terdekat. Untuk masuk ke kota Garmisch, disediakan shuttle bis dari kota kota sekitar. Selain itu, anak anak sekolah di Garmisch Partnenkirchen dan kota kota sekitarnya diminta untuk bersekolah secara daring selama KTT G7 berlangsung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya