Cuaca Terkini Madinah dan Mekah Hari ini, Rabu 22 Juni 2022

Petugas haji memberikan layanan kepada jamaah calon haji di Masjid Nabawi.
Sumber :
  • ANTARA/HO.MCH

VIVA – Cuaca ekstrim diprediksi akan kembali dirasakan jemaah haji yang sedang berada di Madinah, Arab Saudi, Rabu 22 Juni 2022. Langit Madinah diprediksi tidak berawan dengan cuaca cerah. 

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Seperti dilansir laman cuaca, Weather Atlas, suhu maksimum di Madinah hari ini diprediksi berpotensi mencapai hingga 45°C. Sedangkan suhu minimum diperkirakan akan berada di suhu 28°C.

Langit cerah dan tidak berawan juga diperkirakan akan terjadi di Mekah. Perkiraan suhu maksimum di Mekah adalah 39°C. Sedangkan suhu minimum diprediksi akan berada di angka 27°C.

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Sebelumnya, Kasi Kesehatan PPIH Arab Saudi, M Imran Saleh di KKHI Mekah menyarankan agar jemaah minum air putih sesering mungkin. Untuk menghindari dehidrasi. Minum sebelum haus adalah hal yang harus dilakukan selama di Arab Saudi mengingat cuaca panas yang cukup ekstrem. 

“Biasanya jemaah mengalami tekanan darah meningkat karena dehidrasi sehingga perlu kontrol. Sekarang cuaca panas sekali. Selain minum sebelum haus, juga gunakan payung jika ke luar di jam 9 sampai 5 sore,” kata M Imran Saleh.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

“Jangan lupa bawa semprotan air untuk mendinginkan permukaan kulit, juga selalu gunakan alas kaki,” tambahnya.

Dengan kondisi panas dengan kelembapan di Arab Saudi yang kurang dari 20 persen, panas akan sangat menyengat dan berpotensi membuat jemaah mengalami heat stroke 

“Serangan panas akan sebabkan gangguan organ. Sebelumnya muncul gejala kelelahan karena panas bisanya pusing dan mual,” kata dia. 

Jika mengalami pusing, maka jemaah diminta segera minum dan membasahi kepala dengan air dingin. Dengan pembasahan, maka proses panas di tubuh diharapkan bisa segera dihentikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya