Rusia Mau Ubah Rute Dagang dan Minyak, BRICS akan Diuntungkan

Vladimir Putin dan Xi Jinping pada pertemuan 4 Februari 2022
Vladimir Putin dan Xi Jinping pada pertemuan 4 Februari 2022
Sumber :
  • Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP

VIVA – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu, 22 Juni 2022 bahwa Rusia sedang dalam proses untuk mengubah rute perdagangan dan ekspor minyaknya ke negara-negara dari kelompok ekonomi berkembang BRICS. Keputusan tersebut diambil Putin setelah sanksi Barat atas negaranya yang menginvasi Ukraina.

Melansir dari The Korea Times, Kamis 23 Juni 2022, negara-negara BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Sebelumnya Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia, termasuk pembatasan impor minyaknya, setelah Kremlin mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.

Baca juga: Artileri Canggih Rusia Disembunyikan di Pepohonan Dihancurkan Ukraina

Untuk mengatasi sanksi, Rusia berusaha menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Asia, dan berusaha untuk menggantikan pasar yang hilang dalam perselisihan dengan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Dalam pidato video kepada peserta forum bisnis BRICS, Putin mengatakan Rusia sedang mendiskusikan peningkatan kehadiran mobil China di pasar Rusia serta pembukaan jaringan supermarket India.

“Pada gilirannya, kehadiran Rusia di negara-negara BRICS semakin meningkat. Ada peningkatan nyata dalam ekspor minyak Rusia ke China dan India,” kata Putin.