Ada Dua Negara Persemakmuran Selain Inggris, Apa Saja?

Ratu Elizabeth II/Ratu Inggris. Ketua Persemakmuran Britania Raya
Ratu Elizabeth II/Ratu Inggris. Ketua Persemakmuran Britania Raya
Sumber :
  • Instagram @kensingtonroyal

VIVA – Negara Persemakmuran yang paling terkenal di dunia memang adalah Negara Persemakmuran Britania Raya, dengan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpinnya. Namun sebenarnya, terdapat dua negara persemakmuran lain yang juga memiliki anggota, lho.

Apa saja negara tersebut? Simak penjelasan lengkap mengenai Negara Persemakmuran Inggris, CIS Rusia dan Insuler Amerika Serikat berikut ini : 

Britania Raya

Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II

Photo :

Persemakmuran Negara Negara atau Commonwealth of Nations atau The Commonwealth merupakan suatu persatuan secara sukarela yang melibatkan negara - negara berdaulat yang didirikan, pernah dijajah atau bergabung secara suka rela oleh pihak Britania Raya, Inggris. Inggris adalah negara dengan Persemakmuran terbesar di dunia, yang meliputi Benua Eropa, Amerika, Pasifik, Kariibia, Afrika bahkan Asia. 

Meski begitu, tak semua anggota Commonwealth mengakui Ratu Britania Raya, Elizabeth II, sebagai kepala negara. Negara - negara yang mengakuinya sebagai kepala negara dikenal sebagai Commonwealh Realm atau Alam Persemakmuran. Namun, kebanyakan anggotanya adalah Republik, dan sebagian yang lain memiliki Monarki tersendiri. Namun, semua anggotanya menganggap Ratu Elizabeth II sebagai Ketua Persemakmuran. 

Awalnya, ada tiga negara awal yang bergabung dengan Britania Raya dalam negara persemakmuran yaitu Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Ada juga negara yang tidak pernah dikuasai Inggris, namun bergabung dalam negara persemakmuran, yaitu Namibia, Kamerun, dan Mozambik.

Saat ini, total populasi seluruh negara persemakmuran sekitar 2,4 miliar orang, total. Itu artinya, 30% penduduk dunia adalah bagian dari negara Persemakmuran Inggris. Negara yang bergabung dengan Persemakmuran ini bersepakat dan bersatu untuk mengembangkan ekonomi, sosial dan hak asasi manusia. 

 Ini daftar lengkap negara yang bergabung di Persemakmuran Inggris : 

Eropa: Britania Raya dan Cyprus.

Amerika: Kanada.

Pasifik: Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kiribati, Fiji, Nauru, Kepulauan Solomon, Samoa, Tonga, Tuvalu, Vanuatu.

Karibia: Bahamas, Antigua dan Barbuda, Barbados, Dominika, Belize, St. Lucia, St. Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Jamaika, Grenada, dan Guyana.

Afrika: Afrika Selatan, Tanzania, Uganda, Zambia, Kenya, Malawi, Lesotho, Botswana, Kamerun, Gambia, Ghana, Malta, Mauritius, Mozambik, Namibia, Nigeria, Rwanda, St. Kitts dan Nevis, Swaziland, Seychelles, dan Sierra Leone.

Asia: Bangladesh, Brunei, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, dan Sri Lanka.

Rusia

Ilustrasi bendera Rusia.

Ilustrasi bendera Rusia.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Persemakmuran Negara Negara Merdeka atau Commonwealth of Independent States atau CIS merupakam organissi regional yag beranggotakan negara - negara bekas jajahan Uni Soviet yang dibentuk saat pembubaran Uni Soviet. 

CIS mendorong kerjasama dalam urusan ekonomi, politik dan militer dan memiliki kekuatan tertentu yang berkaitan dengan koordinasi perdagangan, keuangan, pembuatan undang-undang, dan keamanan. CIS juga mempromosikan kerja sama dalam pencegahan kejahatan lintas batas.

CIS berpusat di kota Moskow dan dibentuk pada tahun 1991, yang beranggotakan Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Sebenarnya negara Georgia juga pernah menjadi anggota CIS namun keluar akibat Perang Rusia-Georgia pada tahun 2008. 

Delapan dari sembilan negara anggota CIS berpartisipasi dalam Kawasan Perdagangan Bebas CIS. Tiga organisasi berada di bawah pengawasan CIS, yaitu Organisasi Traktat Keamanan Kolektif, Uni Ekonomi Eurasia (bersama subdivisi, Uni Bea Eurasia dan Ruang Ekonomi Eurasia), dan Negara Kesatuan. Sementara yang pertama dan yang kedua adalah aliansi militer dan ekonomi, yang ketiga bertujuan untuk mencapai persatuan supranasional Rusia dan Belarus, dengan pemerintahan bersama, bendera, mata uang, dan sebagainya.

Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat

Bendera Amerika Serikat

Photo :
  • feelgrafix.com

Amerika Serikat memilih nama "Daerah Insuler" untuk merujuk ke wilayah persemakmurannya. Daerah Insuler Amerika saat ini terdiri dua kawasan yaitu Kepualauan Mariana Utara dan Puerto Rico. 

Daerah insuler adalah istilah umum terkini yang digunakan Departemen Negara Amerika Serikat untuk merujuk pada tiap persemakmuran, daerah yang bukan termasuk salah satu negara anggota, milik atau teritori yang dibawahi oleh pemerintah Amerika Serikat. 

Sering kali, penduduk di Daerah Insuler dinyatakan sebagai warga negara Ameika Serikat meski mereka tidak membayar pajak federal negara dan tidak bisa berpartisipasi dalam Pemilu Presiden maupun memilih anggota untuk Kongres Amerika Serikat.