6 Fakta Mengerikan Seppuku, Ritual Bunuh Diri di Jepang

Ilustrasi ritual harakiri
Sumber :
  • imdb.com

VIVA – Fakta mengerikan Seppuku atau juga disebut harakiri merupakan ritual bunuh diri dengan mengeluarkan isi perut, kebanyakan dilakukan oleh samurai di Jepang. Selain samurai mungkin dapat dilakukan dengan katana? Mungkin juga kehormatan (atau aib) mengilhami tindakan itu?

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Nah, saatnya untuk meluruskan, dan mengungkapkan wawasan yang mengganggu dan menarik tentang apa sebenarnya seppuku itu.

Seppuku secara harfiah diterjemahkan sebagai "pemotongan perut." Dalam bentuknya yang paling dasar, seppuku adalah bunuh diri yang terhormat, yang dilakukan secara ritual. Ritual ini telah ada selama ratusan tahun, dan kadang-kadang masih digunakan juga di Jepang modern.

5 Fakta Terbaru tentang Hujan, Banyak yang Belum Tahu

Kematian dengan metode ini membebaskan orang yang meninggal dari rasa malu, ketidak setiaan, atau aib, dan ritual yang mengelilinginya begitu kompleks sehingga menyaingi upacara minum teh Jepang.

Nah, kali ini Viva memberikan fakta-fakta seppuku untuk kamu yang dilansir dari berbagai sumber, siapkan diri kamu karena beberapa fakta ini benar-benar menakutkan.\

5 Fakta Menarik Drama Wonderful World yang Diperankan Cha Eun Woo

1. Membutuhkan Asisten Untuk Membantu Kamu Melakukannya

Prosesi harakiri di hadapan orang-orang.

Photo :
  • U-Report

Seppuku bukanlah sesuatu yang dapat  dilakukan sendiri. Mungkin kamu pernah melihat film atau pertunjukan atau komik di mana seorang samurai yang duduk dalam keheningan dan kesendirian, menikam dirinya sendiri dengan katana, itu sangat tidak akurat.

Kenyataannya, menusuk perut sendiri hanyalah bagian pertama dari seppuku. Memotong perut untuk melepaskan roh dari tubuh ; setelah itu, hidup berada di dalam kesakitan yang menyiksa. Asisten atau teman, seorang kaishakunin akan segera memenggal kepala untuk memperceptannya.

2. Seppuku Membutuhkan Ahli Pedang

Samurai cantik.

Photo :
  • U-Report

Ritual seppuku yang di kodifikasi menjadi begitu kompleks sehingga tindakan itu bisa memakan waktu berhari-hari untuk direncanakan dan berjam-jam untuk diberlakukan. Prosesnya dimulai dengan memilih asisten anak didik, teman, atau ahli pedang untuk melakukan pemenggalan kepala.

Calon pemenggal kepala hanya bisa menolak dengan alasan bahwa teknik pedang mereka tidak memadai. Klimaks dari seppuku menuntut lebih banyak kemahiran daripada sekadar memenggal kepala. Setelah usus di tebas, asisten harus memenggal kepala dalam satu tebasan.

Bayangkan kamu sedang berlutut di tanah, menunggu untuk dipenggal, jika seseorang memotong kepala kamu dengan cepat, ia akan menembak menjauh dari tubuh kamu dan jatuh ke lantai. Jadi, ide nya adalah, asisten meninggalkan lipatan kecil dari kulit yang menempel di bagian depan leher untuk mencegah kepala kabur.

Pemenggalan kepala yang gagal dapat dimaklumi, tetapi juga dianggap kasar dan ceroboh; sakit perutnya begitu menyiksa sehingga pemenggalan kepala adalah penangguhan hukuman yang disambut baik. Sebaiknya tidak gagal.

3. Menusuk Diri Setidaknya Ada Tiga Gerakan Berbeda

Ilustrasi Harakiri

Photo :
  • fineartamerica

Mengiris perut seppuku bukanlah cara terakhir, itu simbolis, jadi itu yang hanya bisa dilakukan? Yah, tidak cukup. Tindakan itu membutuhkan teknik tertentu.

Pertama, masukkan pisau ke sisi perut, dekat dengan tulang rusuk. Sisi yang dipilih tergantung pada tangan pedang yang dominan. Goreskan dengan tajam melintasi usus untuk mengeluarkan isi perut, lalu putar pisau dan tarik ke atas, untuk benar-benar menumpahkan semuanya.

Katakanlah kamu memiliki toleransi rasa sakit dari dewa dan ingin menjadi sangat terhormat. Setelah tiga luka pertama, tarik bilahnya, tusuk perutnya rendah, dan tarik melalui sayatan sebelumnya ke tulang dada.

Kamu bisa menggorok leher kamu sendiri. Jika sewaktu-waktu asisten kamu melihat kamu ragu-ragu atau menunjukkan indikasi rasa sakit, adalah tugasnya untuk memenggal kepala.

4. Novelis, Penyair, Sutradara, dan Aktor Terkenal Yukio Mishima Melakukan Seppuku Pada Tahun 1970

Seppuku bukan hanya masa lalu. Pada tahun 1970, novelis terkenal Yukio Mishima dan para pengikutnya melakukan harakiri saat mengadvokasi revolusi politik.

Bersama dengan empat anggota Shield Society, Mishima mengunjungi pangkalan militer Jepang dengan alasan yang dibuat-buat. Dia dan para pengikutnya menyerbu kantor jenderal, membarikade diri, dan muncul di balkon di atas sekelompok tentara.

Mereka membentangkan spanduk dengan daftar tuntutan, dan Mishima memberikan pidato berapi-api yang memerintahkan pembatalan konstitusi pasca perang dan pemulihan kembali kekuasaan kaisar. Dia berharap retorika nya akan menginspirasi kudeta.

Ternyata, sebagian besar warga Jepang menyukai konstitusi pascaperang. Para prajurit menertawakan dan melecehkan Mishima. Karena malu, dia berjalan kembali ke kantor jenderal dan melakukan seppuku.

5. Kematian Terhormat

Seorang Samurai Jepang bersiap untuk harakiri.

Photo :
  • U-Report

Seppuku sering dilakukan sebagai akibat dari ketidakhormatan, atau ketidak setiaan kepada kaisar atau daimyo (tuan feodal). Dalam beberapa kasus, daimyo bertindak sebagai hakim, juri, dan algojo, menuntut seppuku.

Seppuku yang dipaksakan seperti itu membutuhkan sedikit bukti atau kesaksian. Bentuk seppuku wajib ini berlanjut hingga tahun 1868, ketika akhirnya dilarang.

Dalam kasus lain, seppuku diizinkan sebagai alternatif eksekusi di tangan militer atau musuh. Daripada menerima hukuman mati, kamu bisa mengambil jalan terhormat memilih untuk mengakhiri hidup sendiri. Dalam kasus seperti itu, mungkin mempertahankan beberapa bentuk kehormatan pribadi. Metode seppuku sukarela ini tidak pernah dilarang.

6. Sebelum Mati, Harus Menulis Puisi

Kasus seppuku pertama yang ter dokumentasi terjadi pada tahun 1180 M. Pada saat itu, klan Minamoto dan Taira sedang berperang, dan Taira menghancurkan musuh mereka.

Pemimpin klan yang kalah, Minamoto no Yorimasa, melihat hidupnya hancur di sekelilingnya. Seorang pejuang dan penyair, dia memutuskan dia lebih suka mengambil nyawanya sendiri daripada hidup sebagai kegagalan.

Berbagai versi kisah kematiannya ada - menurut salah satu, dia bersandar pada pilar besar di rumahnya dan membelah perutnya.

Sebagai pengganti catatan, ia meninggalkan puisi sederhana dan murung:

Seperti fosil pohon

Dari mana kami tidak mengumpulkan bunga

Sedih telah menjadi hidupku

Ditakdirkan tidak ada buah yang dihasilkan

Nah, itu informasi yang dapat Viva berikan mengenai Seppuku yang merupakan ritual mengerikan dari Negara Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya