Zelensky Sebut Pencalonan Ukraina Sebagai Anggota UE Adalah Kemenangan

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.
Sumber :
  • Ludovic Marin, Pool via AP

VIVA – Presiden Volodymyr Zelensky menyebut langkah Uni Eropa (UE) untuk menerima Ukraina sebagai calon anggota merupakan kemenangan.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

"Ini adalah kemenangan," kata Zelensky sambil tersenyum dalam video singkat yang diunggah ke akun Instagram-nya, Kamis 23 Juni 2022.

Ia menegaskan bahwa Ukraina telah menunggu 30 tahun untuk momen tersebut. Zelensky berjanji untuk tidak berhenti berusaha sampai Rusia kalah dan Ukraina menjadi anggota penuh di UE.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, bersama para pemimpin Uni Eropa.

Photo :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

"Kita bisa mengalahkan musuh, membangun kembali Ukraina, bergabung dengan UE, dan kemudian kita bisa beristirahat," kata dia dengan suara rendah.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

"Atau mungkin kita tidak akan beristirahat sama sekali, anak-anak kita akan kecewa. Tetapi tanpa keraguan, kita akan menang," tutur Zelensky.

Para pemimpin UE secara resmi menerima Ukraina sebagai kandidat untuk bergabung dengan blok ekonomi dan politik Eropa beranggotakan 27 negara tersebut. Keputusan itu merupakan langkah geopolitik berani yang dipuji oleh Ukraina dan UE sendiri sebagai momen bersejarah.

Kepala Staf Zelensky, Andriy Yermak, mengatakan Kiev akan segera mengimplementasikan rencana yang diperlukan untuk memulai pembicaraan penambahan anggota UE.

"Ukraina akan masuk ke UE," cuitnya melalui Twitter. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya