Cuaca Mekah dan Madinah Hari Ini, Sabtu 25 Juni 2022

Layanan Kursi Roda Resmi Buat Jemaah di Masjidil Haram Mekah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Cuaca panas ekstrim diprediksi akan kembali dirasakan seluruh jemaah haji yang sedang berada di kota Mekah atau Madinah, Jumat 24 Juni 2022. Suhu kedua kota suci tersebut diramalkan masih akan mencapai lebih dari 40°C. 

Perjanjian Kerja Sama, Saudia Airlines Siap Angkut Ribuan Jemaah Haji Indonesia

Seperti dilansir laman prediksi cuaca, Weather Atlas, Pada hari Sabtu ini, di Mekkah, cuaca diperkirakan cerah. Suhu tertinggi diperkirakan mencapai 41°C. Sedangkan suhu terendah adalah 28°C. 

Begitupula di Madinah, cuaca berawan sebagian diperkirakan. Suhu tertinggi akan mencapai hingga 45°C. Sedangkan suhu terendah diprediksi akan berada di titik 29°C.

Pelunasan Biaya Haji Ditutup pada 5 April, Kuota 213.320 Jemaah Reguler Sudah Terisi

Para jemaah haji Indonesia pun dihimbau untuk menjaga kesehatan dan fisik di tengah cuaca panas ini. Jemaah haji diharapkan dapat menjaga diri agar selalu terhidrasi dengan baik. Terutama saat menjalankan Ibadah Haji kelak. 

Jemaah haji Kloter 27 Jakarta jalur fast track di Bandara Jeddah

Photo :
  • MCH / Zaky Al Yamani
Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Perbedaan suhu yang ekstrim ditambah kelembaban yang rendah di Arab Saudi, menimbulkan potensi dehidrasi bagi jemaah haji. Kondisi ini dapat mengarah pada situasi yang lebih parah yakni heat exhausted bahkan heat stroke. 

Sehingga asupan mineral yang cukup menjadi kunci penting menjaga jemaah haji tetap terhidrasi dengan baik.  

"Kunci Dehidrasi adalah mineral loss, jadi harus minum air yang dicampur elektrolit, jangan tunggu haus," kata Koordinator Promosi Kesehatan PPIH Bidang Kesehatan dr. Edi Supriyatnaujar dikutip dari laman resmi Kemkes. 

Fungsi elektrolit di sini bukan sebagai obat diare, melainkan sebagai pengganti mineral yang hilang selama menjalankan aktivitas di tengah cuaca yang sangat terik dan minim kelembaban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya