Sebanyak 188 Calon Jemaah Haji Asal Uni Komoro Naik Pesawat Lion Air

Calon Jemaah Haji Uni Komoro yang Berangkat Haji dengan Maskapai Lion Air.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Badan Nasional Haji dan Umrah Uni Komoro, Abdoulfatah Said, melepas kloter pertama calon jemaah haji Uni Komoro pada Kamis 23 Juni 2022. Sebanyak 188 jemaah haji Uni Komoro yang meninggalkan Moroni itu menggunakan maskapai swasta nasional kebanggaan asal Indonesia yakni Lion Air.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

“Kami datang langsung ke bandara pada hari ini, dini hari guna mengawasi kelancaran penerbangan kloter pertama Jemaah haji asal Uni Komoro,” ujar Abdoulfatah Said dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 Juni 2022.

Sebelumnya, pada Rabu 22 Juni 2022, Presiden Uni Komoro, Azali Assoumani, menghadiri upacara pelepasan Jemaah haji Uni Komoro di Rumah Wanita Moroni yang turut dihadiri oleh beberapa jajaran Pemerintah. 

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa

“Kami selaku Kepala Negara Uni Komoro mendoakan agar Allah mengabulkan jemaah haji ini sebagai haji yang mabrur, yang penuh berkah, rahmat dan diberikan pengampunan dosa bagi seluruh umat Islam. Teriring doa dari kami, semoga jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah diberikan pahala yang tidak ada bandingannya, yaitu surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Amin YRA,” ujar Presiden Uni Komoro dalam sambutannya.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Diketahui, pada Minggu 12 Juni 2022, Presiden Uni Komoro, Azali Assoumani meresmikan kapal Falk Njema yang dibeli dari Indonesia senilai US$1,5 juta atau senilai Rp20,5 miliar. Kapal tersebut merupakan karya anak bangsa dari sebuah perusahaan galangan kapal di Kalimantan. 

Dalam sambutannya  saat peresmian kapal Falk Njema, Presiden Uni Komoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang menjual kapal dengan harga “miring” namun kualitas mumpuni. Dengan pandemi COVID-19 yang sudah hampir usai, akhirnya Pemerintah Arab Saudi tahun ini menggelar ibadah Haji secara terbuka setelah hampir tiga tahun berturut turut dilakukan secara terbatas.

Saat masih pandemi COVID-19, ibadah haji hanya dilakukan oleh warga lokal dan ekspatriat yang sudah berada di Arab Saudi minimal 6 bulan sebelumnya.  Kini jemaah calon haji dari berbagai pelosok dunia, termasuk dari Uni Komoro mulai berdatangan ke Arab Saudi, untuk menjalankan kewajiban rukun Islam yang kelima itu.

Seperti diketahui, untuk musim haji tahun ini 1443 H/2022 M, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperbolehkan jemaah dari luar negeri antara lain dari Indonesia dan Uni Komoro untuk menjalankan ibadah haji, di tanah suci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya