Sebanyak 188 Calon Jemaah Haji Asal Uni Komoro Naik Pesawat Lion Air

Calon Jemaah Haji Uni Komoro yang Berangkat Haji dengan Maskapai Lion Air.
Calon Jemaah Haji Uni Komoro yang Berangkat Haji dengan Maskapai Lion Air.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Badan Nasional Haji dan Umrah Uni Komoro, Abdoulfatah Said, melepas kloter pertama calon jemaah haji Uni Komoro pada Kamis 23 Juni 2022. Sebanyak 188 jemaah haji Uni Komoro yang meninggalkan Moroni itu menggunakan maskapai swasta nasional kebanggaan asal Indonesia yakni Lion Air.

“Kami datang langsung ke bandara pada hari ini, dini hari guna mengawasi kelancaran penerbangan kloter pertama Jemaah haji asal Uni Komoro,” ujar Abdoulfatah Said dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 25 Juni 2022.

Sebelumnya, pada Rabu 22 Juni 2022, Presiden Uni Komoro, Azali Assoumani, menghadiri upacara pelepasan Jemaah haji Uni Komoro di Rumah Wanita Moroni yang turut dihadiri oleh beberapa jajaran Pemerintah. 

Pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air

Photo :
  • Istimewa

“Kami selaku Kepala Negara Uni Komoro mendoakan agar Allah mengabulkan jemaah haji ini sebagai haji yang mabrur, yang penuh berkah, rahmat dan diberikan pengampunan dosa bagi seluruh umat Islam. Teriring doa dari kami, semoga jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah diberikan pahala yang tidak ada bandingannya, yaitu surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Amin YRA,” ujar Presiden Uni Komoro dalam sambutannya.

Diketahui, pada Minggu 12 Juni 2022, Presiden Uni Komoro, Azali Assoumani meresmikan kapal Falk Njema yang dibeli dari Indonesia senilai US$1,5 juta atau senilai Rp20,5 miliar. Kapal tersebut merupakan karya anak bangsa dari sebuah perusahaan galangan kapal di Kalimantan. 

Dalam sambutannya  saat peresmian kapal Falk Njema, Presiden Uni Komoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia yang menjual kapal dengan harga “miring” namun kualitas mumpuni. Dengan pandemi COVID-19 yang sudah hampir usai, akhirnya Pemerintah Arab Saudi tahun ini menggelar ibadah Haji secara terbuka setelah hampir tiga tahun berturut turut dilakukan secara terbatas.