Joe Biden Desak Para Pemimpin G7 Terus Lawan Rusia

Para pemimpin G7.
Para pemimpin G7.
Sumber :
  • AP Photo/Susan Walsh

VIVA – Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan kepada sekutunya pada Minggu 26 Juni 2022, dalam pertemuan puncak G7 bahwa mereka harus tetap bersama melawan Rusia. Pertemuan puncak tersebut didominasi oleh perang di Ukraina dan dampaknya terhadap pasokan makanan dan energi serta ekonomi global.

Pada awal pertemuan di Pegunungan Alpen Bavaria, empat dari negara-negara G7 bergerak untuk melarang impor emas Rusia, untuk memperketat sanksi yang menekan Moskow dan memotong sarananya untuk membiayai invasi ke Ukraina.

Para pemimpin G7.

Para pemimpin G7.

Photo :
  • AP Photo/Susan Walsh

Tetapi tidak jelas apakah ada konsensus G7 mengenai rencana tersebut, tetapi Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan masalah itu perlu ditangani dengan hati-hati dan didiskusikan lebih lanjut.

"Inggris, Amerika Serikat (AS), Jepang dan Kanada menyetujui larangan impor emas baru Rusia," kata pemerintah Inggris, dikutip dari Channel News Asia, Senin 27 Juni 2022.

Inggris mengatakan larangan itu ditujukan untuk orang kaya Rusia yang telah membeli safe-haven bullion untuk mengurangi dampak finansial dari sanksi Barat. Para pemimpin G7 yakni Inggris, Prancis, AS, Jerman, Jepang, Italia, dan Kanada, juga melakukan pembicaraan tentang kemungkinan pembatasan harga minyak Rusia, kata sumber pemerintah Jerman.

Seorang pejabat kepresidenan Prancis mengatakan, Paris akan mendorong pembatasan harga minyak dan gas dan terbuka untuk membahas proposal AS.