RI Bakal Perkuat Penegakan Hukum atas Kejahatan Siber Dengan Bulgaria

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia, Petar Andonov.
Sumber :
  • VIVA/Natania Longdong

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengatakan pada Senin, 27 Juni 2022, bahwa Indonesia akan membangun kerja sama dengan Bulgaria di sektor digital, usai bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia, Petar Andonov. Keduanya berdiskusi mengenai cyber security dalam pertemuan yang berlangsung selama sekitar satu jam itu.

10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

"Yang berkaitan dengan cyber security, serangan siber baik di penegak hukum di Indonesia maupun di penegak hukum di Bulgaria," kata Johnny dalam keterangannya.

Johnny berharap, bahwa hasil dari diskusinya dengan Andonov mengenai serangan siber di penegak hukum dapat bermanfaat dan sehat bagi ruang digital Indonesia, dan bisa digunakan oleh masyarakat untuk hal yang baik.

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Sementara itu, Andonov mengucapkan terima kasih karena Indonesia sudah mau bersedia membangun hubungan kerja sama dengan Bulgaria di bidang informasi, komunikasi dan teknologi.

"Kami berbicara mengenai banyak bidang, bidang pengembangan, pertukaran pengalaman, dan di bidang digitalisasi," ujar Antonov.

Gagal Dapatkan 100 Panser, Ribuan Tentara Ukraina Menanti Ajal di Front Timur

Dia juga menambahkan bahwa bidang keamanan siber adalah salah satu bidang yang penting antara Bulgaria dan Indonesia.

"Bulgaria sebenarnya adalah pusat inovasi dan pusat kekuatan Eropa Tenggara, maka dalam hal ini kami berharap bisa menjalin kerja sama dengan Indonesia di bidang-bidang lainnya," ungkapnya.

Ilustrasi kejahatan siber.

3 Ways to Anticipate Cyber Crime Threats

The Deputy Minister of Communications and Informatics Nezar Patria reminded the public to strengthen personal data protection to anticipate the threat of cyber crime.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024