Zelensky Bicara di Tengah Para Pemimpin Negara Kuat G7, Apa Katanya

Para pemimpin negara G7 berfoto di area Kastil Elmau di Kruen, Jerman
Sumber :
  • Brendan Smialowski/Pool via AP

VIVA – KTT G7 adalah salah satu pertemuan tahunan ekonomi demokrasi terkemuka yang tahun ini diadakan di kawasan pegunungan Alpen Bavaria di Jerman. Dalam KTT tersebut, konflik Ukraina merupakan pembahasan utama oleh para pemimpin negara G7.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Dalam perkembangan pertemuan KTT tersebut, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sempat bergabung dengan para pemimpin G7 melalui tautan video pada pertemuan puncak mereka di kawasan Alpen Bavaria.

Zelensky terlihat tampil di layar monitor yang diletakkan di sebelah meja bundar tempat para pemimpin duduk pada Senin 27 Juni 2022 di hotel mewah Schloss Elmau yang terpencil.

Sebut Tindakan Iran Serang Israel Berbahaya, Jerman Bakal Jatuhi Sanksi

Para pemimpin G7 berkomitmen untuk mendukung Ukraina dalam jangka panjang di pertemuan puncak mereka, dengan bantuan langsung dan pembangunan kembali jangka panjang yang masuk ke dalam agenda dalam pertemuan tersebut.

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan sebelumnya menjelang sesi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa kebijakan negara-negara G7 di Ukraina sangat selaras, dan mereka melihat perlunya tindakan keras dan hati-hati atas perang tersebut.

Horor, Rudal Termonuklir Rusia Hantam Situs Listrik Ukraina

"Kami mengambil keputusan yang sulit, bahwa kami juga berhati-hati, kami akan membantu Ukraina sebanyak mungkin tetapi kami juga menghindari bahwa akan ada konflik besar antara  Rusia dan NATO," kata Scholz dikutip dari AP, Senin 27 Juni 2022.

Dia menambahkan bahwa hal tersebut yang merupakan esensi dari tindakan tangguh dan turut memikirkan kehidupan orang lain.

Diketahui para pemimpin G7 akan berunding melalui tautan video pada Senin pagi dengan Zelensky dan membicarakan mengenai perang di Ukraina yang dimulai oleh Rusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya