Negara-negara Persemakmuran Inggris akan Bertemu di Rwanda

Peta yang dirilis oleh UK Foreign and Commonwealth Office (FCO)
Sumber :
  • Louis Dore/Indy100

VIVA – Negara-negara Persemakmuran Inggris akan Bertemu di Rwanda, KTT itu berada di tengah hubungan yang memburuk antara Rwanda dan DR Kongo yang telah menyalakan kembali api permusuhan selama beberapa dekade.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Kepala pemerintahan dari negara-negara Persemakmuran akan bertemu di ibu kota Rwanda, Kigali, pada hari Jumat dan Sabtu untuk mengatasi tantangan dari perubahan iklim dan kemiskinan hingga krisis ketahanan pangan yang dipicu oleh perang di Ukraina.

Berikut adalah beberapa fakta penting tentang Commonwealth Heads of Government Meeting (CHOGM) dan KTT Kigali, yang seharusnya diadakan pada tahun 2020 tetapi dua kali tertunda karena pandemi COVID.

Marah Iran Serang Israel, Uni Eropa Akan Jatuhi Sanksi Baru

Apa itu Persemakmuran Commonwealth?

Ini adalah asosiasi sukarela dari 54 negara yang bebas dan berkembang secara bertahap dari Kerajaan Inggris dan telah ada dalam bentuk modernnya sejak tahun 1949.

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

Siapa saja anggotanya?

Persemakmuran Commonwealth  mencakup 13 negara di Karibia dan Amerika, 19 negara di Afrika, tiga di Eropa, delapan di Asia, dan 11 di wilayah Pasifik. Hal tersebut menjadikan persemakmuran memiliki populasi gabungan sejumah 2,5 miliar penduduk.

India menyumbang 1,4 miliar warganya, sementara 32 anggota lainnya memiliki populasi 1,5 juta atau kurang, yang terkecil adalah Nauru, yang memiliki 10.000 penduduk.

Apakah mereka semua bekas koloni Inggris?

Kebanyakan dari mereka adalah bekas koloni kerajaan Inggris, tapi itu bukan syarat untuk menjadi anggota. Dua negara terakhir yang bergabung, Rwanda dan Mozambik, tidak memiliki ikatan sejarah dengan Kerajaan Inggris. Gabon dan Togo, keduanya juga bekas jajahan Prancis.

Apa yang dilakukan Persemakmuran Commonwealth?

Merupakan jaringan kerja sama untuk tujuan bersama seperti melindungi lingkungan, meningkatkan perdagangan, mendukung demokrasi, mempromosikan pendidikan, kesetaraan gender, dan memberikan suara yang lebih keras kepada negara-negara kecil di panggung dunia.

Meskipun bukan zona perdagangan bebas, menghitung bahwa anggotanya merasakan lebih murah untuk berdagang dengan anggota daripada dengan negara-negara non-Persemakmuran, berdasarkan analisis data Bank Dunia, Faktor yang termasuk adalah bahasa yang sama dan kerangka hukum dan komersial yang serupa.

Siapa yang mengepalai nya?

Ratu Elizabeth II telah menjadi kepala Persemakmuran, sebuah peran simbolis, sejak pemerintahannya dimulai pada tahun 1952.

Organisasi itu mengatakan raja Inggris tidak secara otomatis menjadi pemimpinnya, tetapi para anggotanya tetap sepakat pada pertemuan di London pada 2018 bahwa putra Elizabeth, Pangeran Charles, akan menggantikannya dalam peran itu. Charles menghadiri KTT Kigali untuk mewakili ibunya.

Siapa yang menjalankannya?

Persemakmuran Commonwealth  memiliki sekretariat yang berbasis di London dan sekretaris jenderal, Patricia Scotland..

Para pemimpin Persemakmuran akan memutuskan di Kigali apakah akan mengangkatnya kembali untuk masa jabatan kedua atau menggantinya dengan Kamina Johnson Smith, menteri luar negeri Jamaika. Inggris telah mengkritik kepemimpinan Skotlandia dan mendukung Johnson Smith, seperti juga India dan Belize.

Siapa yang menghadiri KTT Kigali?

Sebagian besar kepala pemerintahan negara-negara Persemakmuran akan hadir di sana, termasuk Muhammadu Buhari dari Nigeria, Boris Johnson dari Inggris, dan Justin Trudeau dari Kanada.

Tetapi Cyril Ramaphosa dari Afrika Selatan, Narendra Modi dari India, Shehbaz Sharif dari Pakistan, Anthony Albanese dari Australia dan Jacinda Ardern dari Selandia Baru tidak diharapkan, menimbulkan pertanyaan tentang relevansi organisasi untuk negara-negara tersebut.

Beberapa negara seperti Zimbabwe telah meninggalkan aliansi atau mengisyaratkan keinginan mereka untuk meninggalkan persemakmuran. Lainnya seperti Gambia, Pakistan dan Maladewa sebelumnya telah pergi tetapi telah bergabung kembali.

Apa yang mungkin akan dibahas?

Para pemimpin diperkirakan akan membahas hubungan yang memburuk sejak Mei antara Rwanda dan Republik Demokratik Kongo ketika kelompok pemberontak Kinshasa menuduh dalam mendukung Kigali yang telah melancarkan ofensif paling berkelanjutan dalam satu dekade.

Pada hari Senin, Kenya mengumumkan pengerahan pasukan regional Komunitas Afrika Timur di DRC untuk meredakan kekerasan.

Aksi iklim juga akan menjadi agenda karena perubahan iklim tetap menjadi perhatian utama blok tersebut. Peristiwa cuaca baru-baru ini dan tren iklim jangka panjang, termasuk gelombang panas, suhu ekstrem, kekeringan, angin topan, banjir, dan naiknya permukaan laut, menimpa sebagian besar negara-negara anggotanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya