Keluarkan Daftar Cekal Terbaru, Serangan Balik Rusia ke Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau
Sumber :
  • Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP

VIVA – Rusia kembali merespon langkah pemerintah Kanada terkait buntut panjang invasi negara Beruang Merah itu ke Ukraina. Terbaru, Rusia membalas 'serangan' Kanada dengan mengeluarkan daftar cekal terbaru untuk lebih dari 43 pejabat asal Kanada.

Dari puluhan nama yang masuk daftar blacklist tersebut diantaranya Suzanne Cowan, Presiden Partai Liberal pendukung utama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Lalu ada juga nama Mark Carney, mantan gubernur Bank Sentral Kanada. 

Menurut pejabat Rusia, dilansir dari Alarabiya News, langkah ini diambil Rusia sebagai respon atau balasan nyata atas tindakan pemerintah Kanada sebelumnya. 

Selain itu, puluhan nama-nama yang masuk daftar blacklist tersebut juga dianggap pemerintah Rusia terlalu Russophobia atau menyebarka sentimen anti Rusia.

Pada Mei lalu, Kanada memang lebih dulu mengeluarkan daftar cekal untuk beberapa pejabat dan pengusaha asal Rusia. Bahkan daftar cekal Kanada ini juga menyasar beberapa anggota keluarga pejabat dan pengusaha asal Rusia.

Perlu diketahui selama ini, Kanada memang menjadi salah satu negara yang paling 'semangat' menentang Rusia. Kanada juga telah mengikuti langkah beberapa negara 'penguasa' Nato seperti Amerika Serikat dan Inggris yang menjatuhkan sanksi ke Rusia.

Rusia sendiri tercatat telah mengeluarkan sebanyak 700 nama orang Kanada dalam daftar cekal mereka. Lalu pada Mei lalu, Kremlin juga membekukan beberapa kantor berita asal Kanada dan tak mengeluarkan izin visa serta akreditasi beberapa jurnalis Kanada.