Cuaca Mekah dan Madinah Hari Ini, Selasa 28 Juni 2022

Petugas membagikam air zamzam kemasan botol ke jemaah haji
Sumber :
  • Reasahalharamain

VIVA – Cuaca panas ekstrim diprediksi akan kembali dirasakan seluruh jemaah haji yang sedang berada di kota Mekah atau Madinah, Selasa 28 Juni 2022. Suhu kedua kota suci ini diprediksi masih akan mencapai lebih dari 40°C. 
Seperti dilansir laman prakiraan cuaca, Accu Weather, langit Mekah hari ini sebagian besar diperkirakan cerah. Suhu maksimum akan berada di titik 44°C, sementara suhu minimum adalah 29°C.

Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas Disiapkan untuk Jemaah Haji Indonesia

Sementara di Madinah, cuaca diprediksi cerah. Suhu maksimum akan mencapai 44°C. Sedangkan perkiraan suhu minimum adalah 28°C. 

Sebelumnya, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekah, dr. Muhammad Imran telah meminta jemaah haji Indonesia menggunakan alat Pelindung Diri (APD) selama beraktivitas di Tanah Suci Mekah dan Madinah.  

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Imran mengingatkan bahwa Ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kondisi fisik dan kesehatan yang prima.

Petugas haji memberikan layanan kepada jamaah calon haji di Masjid Nabawi.

Photo :
  • ANTARA/HO.MCH
Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Perbedaan suhu yang ekstrim antara Tanah Air dengan tanah suci akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan jemaah. Mulai dari kulit kering, bibir pecah-pecah, kaki melepuh, dehidrasi, bahkan heatstroke.  

"Jangan sampai jemaah tidak bisa beribadah karena kaki melepuh, ketika jemaah tidak memakai alas kaki," ujarnya.  

Selain alas kaki, lanjut dr. Imran Alat pelindung diri yang harus selalu digunakan oleh jemaah diantaranya masker, kacamata hitam, topi/payung, pelembab bibir, tabir surya.

Kecukupan konsumsi air putih dan air yang mengandung elektrolit sebagai pengganti mineral tubuh yang hilang juga menjadi hal yang wajib ditaati oleh jemaah haji indonesia.  

"Yang penting lagi, jangan tunggu haus. Jemaah harus terus diingatkan untuk minum air putih sesering mungkin, paling tidak 6 botol masing-masing 600 ml dalam sehari," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya