Warganet Rusia Ungkap Keanehan Kebakaran Mal Ukraina yang Kena Rudal

Api membakar pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina klaim ini akibat serangan rudal Rusia.
Api membakar pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina klaim ini akibat serangan rudal Rusia.
Sumber :
  • Twitter/RWApodcast.

VIVA – Akun Russian With Attitude di Twitter membuat analisis tentang peristiwa terbakarnya pusat perbelanjaan di Kremenchuk yang diklaim Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, sebagai dampak dari hantaman rudal Rusia.

Akun Russian With Attitude mengungkapkan sejumlah kejanggalan yang mereka temukan berdasarkan video kebakaran pusat perbelanjaan di Kremenchuk yang diklaim Ukraina sebagai kebiadaban Rusia karena menargetkan fasilitas sipil.

Akun dengan nama @RWApodcast itu mengklaim sebagai 2 orang Rusia yang berada di jagat maya untuk memerangi manuver monokultur Amerika Serikat. Akun itu mengunggah 2 video yang memperlihatkan kebakaran sebuah gedung yang mereka sebut sebagai mal di Kremenchuk.

VIVA Militer: Mall di Kremenchuk, Ukraina, hancur dihantam rudal militer Rusia

VIVA Militer: Mall di Kremenchuk, Ukraina, hancur dihantam rudal militer Rusia

Photo :
  • mvs.gov.ua

"Kebakaran di Kremenchuk, Zelensky mengklaim tempat itu adalah pusat perbelanjaan yang terkena rudal Rusia dengan 1.000 warga sipil di dalamnya," tulis @RWApodcast seperti dikutip Selasa 28 Juni 2022.

Namun menurut mereka, terdapat sejumlah kejanggalan atas apa yang diklaim Ukraina sebagai serangan misil. "Entah apa yang terjadi di sana (masih mencari video/foto lain) tapi sepertinya mal itu tidak langsung terkena rudal balistik, dan sepertinya di sana juga tidak ada 1000 orang. Sebagian besar tempat parkir kosong dan jendela mobil tidak rusak," katanya lagi.

Keanehan lain yang mereka ungkapkan adalah tidak adanya wanita atau anak-anak dalam video tersebut. Sehingga RWA menilai kebakaran itu bukan dampak ledakan. "Apa yang diklaim oleh beberapa orang sebagai "ledakan sekunder" dalam video tidak harus berupa amunisi, bisa berupa berbagai hal, gas, peralatan listrik, dll," cuitnya.