Jokowi Naik Kereta Menuju Ukraina via Polandia

Presiden Jokowi dalam perjalanan di kereta ke Polandia
Sumber :
  • IG @pramonoanungw

VIVA – Setelah menghadiri KTT G7 yang berlangsung di Jerman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perjalanan ke Ukraina. Namun untuk sampai di negara yang sedang berperang itu, Jokowi akan melewati Polandia dan direncanakan harus menghabiskan waktu selama 12 jam dengan menggunakan kereta api untuk sampai ke Ukraina.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Bismillah Presiden Jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam,” tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung lewat akun media sosial (medsos) Instagram pada Selasa 28 Juni 2022.

Pramono menjelaskan bahwa sesampainya Presiden Jokowi di Ukraina nantinya akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Kunjungan Jokowi tersebut juga membawa misi perdamaian.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

“Presiden Jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia, dalam rombongan yang sangat terbatas,” kata Pramono.

Rute perjalanan Presiden Jokowi sebelumnya diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya melalui YouTube Kemlu RI.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Retno menjelaskan bahwa dirinya juga melakukan komunikasi intensif dengan banyak pihak sebelum Presiden menjajakan kakinya di Ukraina dan Rusia.

“Tentunya komunikasi terus kita lakukan dengan Ukraina dan Rusia sendiri,” tutur Retno dalam pernyataannya pada Senin 27 Juni 2022.

Selain membawa misi perdamaian, Retno juga mengungkapkan bahwa kunjungan Presiden Jokowi merupakan langkah untuk berkoontribusi dalam mengatasi krisis pangan dunia.

Presiden Jokowi juga nantinya akan menjadi pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Ukraina dan menjadi kunjungan bersejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya