Rudal Mal Berisi Ribuan Warga Sipil, Ukraina Sebut Rusia Teroris

VIVA Militer: Mall di Kremenchuk, Ukraina, hancur dihantam rudal militer Rusia
VIVA Militer: Mall di Kremenchuk, Ukraina, hancur dihantam rudal militer Rusia
Sumber :
  • mvs.gov.ua

VIVA – Layanan darurat Ukraina mengatakan bahwa 20 warga sipil tewas karena ledakan yang terjadi di mal, di kota Kremenchuk. Sementara itu, menurut laporan layanan darurat tersebut juga ada 59 warga sipil yang terluka dan 25 dirawat di rumah sakit, 40 orang lainnya diperkirakan hilang, menurut laporan dari surat kabar Ukraina, pravda.com.ua.

Kremenchuk merupakan lokasi dari kilang minyak terbesar di Ukraina. Sebelum invasi Rusia ke negara tetangganya itu, kota industri tersebut diisi dengan penduduk sebanyak 217.000.

“Pasukan Rusia menembakkan roket ke pusat perbelanjaan, di mana ada lebih dari seribu warga sipil,” kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah postingan di Telegram pada Senin malam 27 Juni 2022.

Rudal Rusia menghantam pusat perbelanjaan yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina

Rudal Rusia menghantam pusat perbelanjaan yang ramai di kota Kremenchuk, Ukraina

Photo :
  • @kosadcha

“Mall terbakar, tim penyelamat sedang memadamkan api, dan jumlah korban tidak dapat dibayangkan," ujarnya, dikutip dari Kyivpost, Rabu 29 Juni 2022.

Agregator berita Visegrad 24 melaporkan bahwa dua rudal Rusia telah menghantam pusat perbelanjaan di siang hari bolong. Laporannya ada banyak orang terjebak di dalam kobaran api, dengan jeritan putus asa terdengar dari asap tebal.”

Upaya untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap di dalam berlanjut hingga larut malam, dengan Yaroslav Trofimov dari Wall Street Journal menyatakan di Twitter bahwa pihak berwenang mengatakan ada banyak korban jiwa. Mungkin ini adalah serangan rudal Rusia paling mematikan sejak perang dimulai.